Israel Kuasai Penyeberangan Rafah, Jalur Gaza: Apa yang Akan Terjadi?

Militer Israel melanjutkan operasi darat di Rafah dan secara efektif menutup Gaza dari wilayah lainnya.

BY 4adminEdited Wed,08 May 2024,12:40 PM

Gaza, SPNA - Militer Israel telah menguasai Jalur Gaza di perbatasan Rafah dengan Mesir, dan melancarkan serangan di kota selatan tersebut seiring prospek kesepakatan gencatan senjata dengan Hamas semakin tidak menentu.

Brigade 401 Israel memasuki penyeberangan Rafah pada Selasa pagi, sehari setelah kelompok Palestina yang memerintah Gaza mengatakan mereka menerima proposal gencatan senjata yang dimediasi Mesir-Qatar. Israel, sementara itu, bersikeras bahwa kesepakatan itu tidak memenuhi tuntutan intinya.

Penyeberangan Rafah sangat penting bagi bantuan dan bagi mereka yang bisa melarikan diri ke Mesir. Para pemimpin Israel sudah lama mengantisipasi operasi militer di kota selatan, tempat sekitar 1,4 juta warga Palestina, termasuk lebih dari 600.000 anak-anak, berlindung, meskipun ada peringatan dari PBB, Amerika Serikat, Uni Eropa dan organisasi kemanusiaan internasional bahwa serangan tersebut akan menjadi bencana besar.

Bagaimana status di Rafah?

Rekaman yang dirilis oleh militer Israel menunjukkan sebuah tank memasuki penyeberangan Rafah sisi Palestina. Rincian video tersebut sesuai dengan ciri-ciri penyeberangan yang diketahui dan menunjukkan bendera Israel berkibar dari tank yang merebut daerah tersebut.

Militer Israel mengatakan dalam jumpa pers pagi hari Selasa bahwa pasukan khusus mereka sedang memindai daerah tersebut dan mereka telah beroperasi sejak Senin malam di Rafah timur.

Israel mengatakan sebagian besar orang dievakuasi dari wilayah operasi militer. Warga Palestina diinstruksikan melalui pesan teks berbahasa Arab, panggilan telepon dan selebaran untuk bergerak menuju al-Mawasi di pantai Laut Mediterania, di mana militer mengatakan telah mendirikan zona kemanusiaan dengan rumah sakit lapangan, tenda dan pasokan medis.

Evakuasi dilakukan ketika militer Israel meningkatkan pemboman terhadap kota tersebut. Tank dan pesawat menggempur beberapa daerah dan setidaknya empat rumah di Rafah semalam, menewaskan 20 warga Palestina dan melukai beberapa lainnya, menurut pejabat kesehatan Palestina.

Tiga orang tewas dalam serangan udara Israel terhadap sebuah rumah milik keluarga al-Darbi di sebelah barat kota Rafah, Al Jazeera Arab melaporkan.

Apa reaksi terhadap serangan itu?

Militer Israel mengklaim pihaknya menyita penyeberangan Rafah setelah menerima informasi intelijen bahwa penyeberangan tersebut “digunakan untuk tujuan teroris”. Dikatakan bahwa selain membunuh 20 pejuang dan menghancurkan infrastruktur Hamas di daerah tersebut, pasukannya juga menemukan “tiga poros operasional”.

“Pasukan Tim Tempur Divisi 401 dan Tim Tempur Divisi Brigade Givati terus beroperasi di wilayah tersebut melawan teroris dan infrastruktur teroris,” katanya dalam sebuah postingan di X.

Tidak ada bukti yang diberikan untuk mendukung pernyataan tersebut, namun militer menuduh daerah sekitar penyeberangan Rafah digunakan untuk melancarkan serangan mortir yang menewaskan tiga tentara Israel dan melukai lainnya di dekat penyeberangan Karem Abu Salem, yang Israel sebut sebagai penyeberangan Kerem Shalom, pada hari Minggu (05/05/2024). Sayap bersenjata Hamas mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz mengatakan negaranya sudah lama “menghancurkan” Hamas jika bukan karena tawanan yang ditahan di Gaza. “Masuknya tentara ke Rafah mendukung dua tujuan utama perang: membebaskan tawanan dan mengalahkan Hamas,” katanya di X.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Lin Jian meminta Israel untuk “memperhatikan tuntutan besar komunitas internasional, berhenti menyerang Rafah, dan melakukan apa pun untuk menghindari bencana kemanusiaan yang lebih serius di Jalur Gaza”.

Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi memperingatkan bahwa Israel “membahayakan kesepakatan [dengan Hamas] dengan membom Rafah”.

Bagaimana dengan kesepakatan gencatan senjata yang disetujui Hamas?

Hamas pada hari Senin mengatakan mereka telah menerima proposal gencatan senjata yang diajukan oleh Mesir dan Qatar yang akan menghentikan pertempuran yang mengarah pada ketenangan jangka panjang dan penarikan pasukan Israel dari wilayah Palestina.

Perjanjian yang diusulkan juga akan menjamin pembebasan tawanan Israel di Gaza serta sejumlah warga Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel.

Kantor perdana menteri Israel mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa “proposal Hamas jauh dari persyaratan Israel”, namun pihaknya akan mengirim delegasi ke Kairo untuk melanjutkan negosiasi.

Pernyataan itu menambahkan bahwa Israel akan “melanjutkan operasi di Rafah untuk memberikan tekanan militer terhadap Hamas”.

Keluarga para tawanan di Gaza mengadakan demonstrasi untuk menekan pemerintah Israel agar menerima kesepakatan tersebut dan memulangkan orang yang mereka cintai ke rumah mereka.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller mengatakan Washington akan membahas tanggapan Hamas dengan sekutunya dalam beberapa jam mendatang, dan kesepakatan “benar-benar dapat dicapai”.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menggambarkan prospek invasi darat ke Rafah sebagai hal yang “tidak dapat ditoleransi” dan meminta Israel dan Hamas “untuk bekerja lebih keras” untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata.

“Ini adalah kesempatan yang tidak boleh dilewatkan, dan invasi darat di Rafah tidak dapat ditoleransi karena dampak kemanusiaannya yang sangat buruk, dan karena dampaknya yang mengganggu stabilitas di kawasan,” kata Guterres pada hari Senin, menjelang pertemuan dengan Presiden Italia Sergio Mattarella, di New York.

Apa dampaknya bagi pengiriman bantuan ke Gaza?

Jalur Gaza sekarang ditutup dari wilayah lainnya. Pengiriman pasokan bantuan penting ke Gaza melalui perbatasan Rafah telah dihentikan, meskipun PBB memperingatkan akan terjadinya kelaparan.

Perbatasan selatan Gaza dengan Mesir telah menjadi jalur utama pengiriman bantuan kemanusiaan dan satu-satunya titik keluar bagi orang-orang yang terluka dan pemegang paspor asing.

Meskipun Israel tidak secara langsung mengontrol penyeberangan Rafah, Israel memantau semua aktivitas di Gaza selatan melalui pangkalan militer dan pengawasan lainnya.

Militer Israel juga telah menutup penyeberangan Karem Abu Salem (Kerem Shalom) di Israel selatan pada hari Selasa karena “alasan keamanan” dan mengatakan akan dibuka kembali setelah situasi memungkinkan.

Hisham Edwan, juru bicara Otoritas Penyeberangan Perbatasan Gaza, mengatakan Israel telah “menghukum mati penduduk Jalur Gaza setelah penutupan penyeberangan perbatasan Rafah”. Dia mengatakan situasinya sangat buruk bagi pasien kanker yang membutuhkan pengobatan.

Direktur Eksekutif Program Pangan Dunia Cindy McCain pada hari Minggu memperingatkan bahwa “kelaparan besar-besaran” yang terjadi di bagian utara wilayah kantong tersebut “bergerak ke arah selatan”.

Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) mengatakan dalam sebuah postingan di X bahwa “bencana kelaparan yang dihadapi masyarakat” di Gaza akan “menjadi lebih buruk” jika jalur pasokan terganggu.

Sam Rose, direktur perencanaan di UNRWA, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa dorongan Israel untuk menutup penyeberangan Rafah dan penyeberangan Karem Abu Salem (Kerem Shalom) “memotong segalanya”.

“Pabrik desalinasi tidak mampu beroperasi dan menyediakan air bersih. Tidak ada listrik,” kata Rose.

Sebagai kekuatan pendudukan, Israel diwajibkan berdasarkan hukum internasional untuk menjamin penyediaan makanan dan perawatan medis bagi penduduk dan memfasilitasi pekerjaan organisasi kemanusiaan yang memberikan bantuan.

(T.HN/S: Aljazeera)

leave a reply
Posting terakhir

Jalur Penyeberangan Rafah kembali dibuka dua arah

Pemerintah Mesir kembali membuka jalur perbatasan Rafah dari dua arah. Hal ini merupakan pertamakalinya sejak penarikan karyawan pemerintah Palestina yang bekerja di gerbang perbatasan Mesir awal Januari lalu.

4admin