Jemaah Haji Kloter Pertama Telah Tiba Di Gaza

BY Rizky SyahputraEdited Thu,22 Sep 2016,07:01 AM

Jemaah Haji Kloter Pertama Telah Tiba Di Gaza.

Gaza-SP- Pihak otoritas Mesir kembali membuka pintu perlintasan di Rafah menerima jemaah haji yang datang dari jeddah menuju ke Gaza. Dari 17 bus yang masuk ke perlintasan di Rafah, hanya 1 bus saja yang diizinkan masuk ke Gaza dan menunggu di luar perlintasan.

Said Hamdiyah, salah seorang jemaah haji dari Jabaliya sebelah utara Gaza wafat di Madinah ketika perjalanan menuju ke bandara di Jeddah, diduga terkena serangan kanker.

Berdasarkan dari sumber imigrasi di Rafah, Mesir akan membuka jalur perlintasan ini selama 3 hari (mulai hari rabu-jumat) untuk jemaah haji yang akan masuk ke Gaza. Dan tidak diperkenankan bagi warga lain untuk melintas selain jemaah haji yang pulang dari Arab Saudi.

Sejak tahun 2013, pemerintah Mesir menutup jalur perlintasan Rafah ini dengan alasan “keamanan” dan hanya beberapa kali saja dibuka khusus untuk jalur kemanusiaan. Padahal ribuan warga Palestina yang mengalami sakit dan para pelajar yang seharusnya bisa keluar masuk Mesir-Gaza dengan mudah. Namun akibat blokade Israel atas Gaza, Mesir juga terkena imbasnya.

leave a reply