Jordan Impor Gas Alam dari Israel 10 Milyar USD

BY Rizky SyahputraEdited Wed,28 Sep 2016,10:24 AM

Jordan  Impor  Gas Alam dari Israel  Dengan Nilai Kontrak 10 Milyar Dollar.

Amman-SP-Perusahaan Nasional Tenaga Listrik Yordania (JEPCO) menandatangani kesepakatan (Mou) dengan perusahaan  Noble Energy (NE) yang bergerak di bidang MIGAS untuk mengimpor gas alam dari Israel.

Kesepakatan dagang ini sudah terjalin sejak akhir tahun 2014.  Noble Energy adalah perusahaan raksasa milik Amerika Serikat  yang sudah lama beroperasi dalam pengeboran gas alam di laut tengah.

Nilai transaksi tersebut  mencapai 10 Milyar Dollar untuk masa 15 tahun.

Impor gas alam dari Israel ini akan memenuhi kebutuhan sumber energi listrik di Yordania sebesar 40% dari total yang dibutuhkan.

Menurut data dari JEPCO, kebutuhan  Yordania akan agas alam sebanyak 340 juta kubik perhari.

Kesepakatan ini sekaligus mencerminkan peran serta Yordania dalam kerjasama regional di kawasan yang sejalan dengan kebijakan ekonomi Uni Eropa dalam pemanfaatan sumber daya alam di Timur laut tengah.

Uni Eropa terus mendorong peningkatan produktivitas gas alam di Timur tengah guna membangun jaringan pipa gas alam yang terkoneksi langsung dengan negara-negara di Eropa.

Pertemuan pejabat  antara dua negara  masih terus berlanjut. Dikabarkan sejumlah pejabat tinggi  Yordania mengadawakan lawatan resmi ke Israel  pada minggu lalu guna membahas lebih lanjut kerja sama di bidang energi ini. 

leave a reply