Pengangkatan delegasi Israel sebagai wakil Presiden Majelis Umum

BY Ihsan ZainuddinEdited Sat,03 Jun 2017,07:37 AM

 Pengangkatan delegasi Israel sebagai wakil Presiden Majelis Umum PBB menuai kontroversi

New York -SPNA-  Delegasi Israel untuk PBB Danny Danone terpilih sebagai Wakil Presiden Majelis Umum PBB ke-72 seperti dilansir portal Israel Maariv, Kamis (01/06/2017).

Maariv menambahkan bahwa Danone yang mewakili Eropa Barat adalah delegasi Israel pertama yang berhasil menduduki posisi tersebut dan tanpa melalui voting.

Pengangkatan Danone menuai respon negatif dari sejumlah perwakilan Arab seperti Iran, Qatar dan Suriah. Delegasi Qatar Syekh Ilya Ahmad bin Yusuf menyatakan bahwa blok Arab telah sepakat untuk tidak mendukung keputusan tersebut khususnya karena Danone dipilih tanpa melalui voting.

Pengangkatan delegasi Israel sebagai wakil Majelis Umum PBB dinilai bertentangan dengan dasar undang-undang PBB mengingat Israel tidak mengakui keputusan PBB terkait Palestina, seperti dilansir Ramallah news.   

Berdasarkan piagam Internasional, Presiden Majelis Umum PBB dipilih dari regulasi blok PBB, yaitu: Blok Afrika, Asia dan Pasifik, Eropa Timur, Amerika Latin, Caribia serta Blok Eropa Barat. Saat ini Peter Thompson dari blok Asia Pasifik menjabat sebagai Presiden Majelis Umum PBB ke-71.

 

SPNA Gaza City

Sumber: Ramallah News, penerjemah: Rizky Syahputra

leave a reply
Posting terakhir