Terkait kesepakatan gas Mesir-Israel, Al-Sisi: 'Kami mencetak gol besar'

Mesir telah "mencetak gol" dengan menandatangani kesepakatan senilai $ 15 miliar dengan sebuah perusahaan Israel untuk memasok gas alam yang akan membantu menjadi sumber energi regional, menurut Presiden Abdel Fattah Al-Sisi.

BY 4adminEdited Fri,23 Feb 2018,10:57 AM

Middle East Monitor - Kairo

Kairo, SPNA - Mesir telah "mencetak gol" dengan menandatangani kesepakatan senilai $ 15 miliar dengan sebuah perusahaan Israel untuk memasok gas alam yang akan membantu menjadi sumber energi regional, menurut Presiden Abdel Fattah Al-Sisi.

Berbicara dalam pidato di televisi, komentar Al-Sisi adalah pengakuan resmi pertama atas kesepakatan energi yang ia sebut memiliki "banyak keuntungan bagi kita (orang Mesir). Dan saya ingin masyarakat diyakinkan. "

Menurut Al-Sisi, pemerintah Mesir tidak terlibat langsung dalam kesepakatan tersebut namun "menyediakan beberapa hal untuk ... mencapai kesepakatan ini". "Dengan mengambil keputusan ini, kami mencetak gol besar," tambahnya.

Pada hari Senin (19/02/2018), Delek Drilling dan mitra AS-nya, Noble Energy, menandatangani kesepakatan untuk menjual sekitar 64 miliar meter kubik gas selama periode sepuluh tahun ke perusahaan Mesir Dolphinus Holdings yang akan dimulai tahun depan.

Chief Executive Delek Drilling, Yossi Abu, menggambarkan kesepakatan tersebut sebagai "berita bagus" untuk kedua negara dan mengatakan bahwa ia memperkirakan sebagian besar gas tersebut akan digunakan untuk pasar domestik Mesir, yang membuka jalan bagi kerjasama dan ekspor yang lebih luas.

"Kesepakatan ini terus menunjukkan kekuatan pasar regional untuk gas alam kami di Mediterania Timur," Gary Willingham, eksekutif eksekutif eksekutif Noble Energy, menambahkan.

Menurut sebuah laporan oleh Dewan Hubungan Luar Negeri Eropa yang dikeluarkan tahun lalu, Mesir adalah satu-satunya negara di kawasan tersebut yang dapat mengekspor gas ke Eropa karena besarnya cadangan dan kapasitas ekspor yang dimiliki.

"Sekarang ada dua pilihan untuk ekspor regional: untuk membangun jaringan pipa yang menghubungkan Israel dan Siprus ke Eropa selatan, atau untuk menciptakan jaringan pipa ke Mesir, dari mana gas dapat dicairkan dan diekspor," jelas laporan tersebut.

Mesir memiliki fasilitas gas alam yang luas di Laut Tengah namun sebagian besar tidak aktif sejak terjadinya revolusi tahun 2011.

Saat ini ada beberapa rute untuk pengiriman gas dari Israel ke Mesir dengan adanya jaringan pipa antara Yordania dan Mesir yang mungkin perlu dipertimbangkan.

Mesir sebelumnya memasok gas ke Israel namun jaringan pipa yang digunakan untuk ini telah disabotase oleh gerilyawan di Semenanjung Sinai yang telah mengalami peningkatan pemberontakan dalam beberapa tahun terakhir.

(T.RA/S: Middle East Monitor)

leave a reply
Posting terakhir

Upaya mencetak generasi al-Qur’an di negeri jajahan Yahudi Bag.1

Jalur Gaza, SPNA- Untuk pertama kalinya, Darul Qur’an Indonesia di Jalur Gaza menggelar workshop manajemen pengelolaan lembaga, Rabu (17/05/2017). Kegiatan ini bertujuan untuk membahas aspek manajerial kelembagaan, termasuk  mengkaji  masalah atau tantangan yang dihadapi.