101 tahun pasca deklarasi Balfour, Palestina tuntut Inggris minta maaf

Amman, SPNA - Dewan Nasional Palestina menuntut pemerintah Inggris mengakui kemerdekaan Palestina dimana Yerusalem sebagai ibukotanya serta ...

BY 4adminEdited Sat,03 Nov 2018,11:02 AM

Amman, SPNA - Dewan Nasional Palestina menuntut pemerintah Inggris mengakui kemerdekaan Palestina dimana Yerusalem sebagai ibukotanya serta mendukung pemulangan  pengungsi Palestina ke tanah air sesuai resolusi internasional.

Hal ini disampaikan Dewan Nasional Palestina bertepatan dengan peringatan  101 tahun Deklarasi Balfour yang menjadi dasar berdirinya Israel.

Dewan Nasional Palestina juga menuntut pemerintah Inggris bertanggung jawab  atas langkah politik yang mereka buat dalam deklarasi Balfour.

“Pemerintah Inggris melalui Deklarasi  Balfour telah melegalkan zionis merampas tanah Palestina dan menjadikannya negara Yahudi. Balfour juga membenarkan ketidakadilan, pembersihan etnis, agresi serta pelanggaran hukum terhadap bagsa Palestina,” ujar lembaga tersebut seperti dilansir Maannews, Jum’at (02/10/2018).

Dewan Nasional Palestina juga menegaskan tidak akan memafkan para pelaku kejahatan tersebut.

Sementara itu Gerakan Perlawanan Islam, Hamas menuntut Inggris meminta maaf kepada rakyat Palestina atas deklarasi Balfour serta menegaskan akan melakukan perlawanan terhadap Israel sampai Palestina memperoleh haknya.

Hal yang sama juga disampaikan Saeb Erakat.  Sekretaris PLO tersebut menuntut Inggris harus memperbaiki kesalahan mereka serta meminta maaf kepada bangsa Palestina.

Erakat juga menuntut Inggris mengakui kemerdekaan Palestina serta menghentikan pelanggaran yang dilakukan Israel.

“Lebih dari 100 tahun lalu Israel menfasilitasi pembersihan etnis dan pelanggaran hukum di Palestina, ‘’ ujarnya.

Deklarasi Balfour adalah surat yang ditulis oleh Sekretaris Menteri Luar Negeri Inggris untuk Lord Walter Rothschild, petinggi gerakan zionis internasional, pada tanggal 2 November 1917.

Dalam surat tersebut Inggris menyatakan dukungan mereka terhadap pembangunan negara Yahudi di Palestina.

(T.RS/S:Maannews)

leave a reply
Posting terakhir

Liga Arab Tuntut Inggris Minta Maaf kepada Palestina atas Deklarasi Balfour

“Perdamaian yang komprehensif, adil dan abadi punya satu cara, yaitu untuk mengakhiri pendudukan Israel atas semua tanah Palestina dan Arab yang diduduki sejak tahun 1967 dan mendirikan negara Palestina dengan ibukotanya di Yerusalem Timur, sesuai dengan keputusan legitimasi internasional dan Inisiatif Perdamaian Arab,” sebut Sekretaris Jenderal Liga Arab.