LSM: Sebagian besar demonstran Palestina ditembak di Gaza bukan di sekitar pagar pembatas

Gaza, SPNA - Mayoritas demonstran Palestina yang terluka dalam aksi Great March of Return -yang dimulai sejak Maret .....

BY 4adminEdited Sat,24 Nov 2018,02:02 PM

Gaza, SPNA - Mayoritas demonstran Palestina yang terluka dalam aksi Great March of Return -yang dimulai sejak Maret lalu- berada dalam wilayah Jalur Gaza saat ditembak oleh pasukan Israel, bukan di sekitar pagar pembatas, sebuah laporan hasil penelitian LSM B'Tselem melaporkan.

Sejak protes Great March of Return dimulai dimulai, lebih dari 5.800 demonstran Palestina menderita luka tembak, sementara lebih dari 180 demonstran ditembak dan terbunuh.

Selama beberapa bulan terakhir, para peneliti lapangan B'tselem di Jalur Gaza yang diduduki melakukan survei ekstensif terhadap ratusan pemrotes yang ditembak dan terluka, termasuk puluhan anak-anak.

Sampel dirancang “untuk menggabungkan berbagai situs dan tanggal protes untuk mencapai gambar yang beragam, komprehensif dan dapat diandalkan, mengingat pengaturan protes yang rumit yang telah berlangsung selama periode waktu yang panjang dan di banyak wilayah di sepanjang pagar perimeter. "

Menurut data yang diterbitkan oleh B'Tselem, 41 persen dari mereka yang tertembak dan terluka ketika mereka berada “di sekitar pagar (pembatas)”, didefinisikan sebagai dalam jarak sepuluh meter.

Temuan tambahan dari penelitian ini menunjukkan bahwa dua-pertiga dari anak-anak yang disurvei (41 individu) “melaporkan bahwa mereka terluka saat menonton protes, mengibarkan bendera, memotret atau merekam protes, bergerak menjauh dari protes, atau membantu yang terluka".

B’Tselem mencatat bahwa 83 persen dari para demonstran yang disurvei memerlukan "perawatan medis yang berkelanjutan", 57 persen memerlukan "rehabilitasi dan terapi fisik", dan sepuluh persen dari individu yang disurvei sekarang mengalami cacat secara fisik.

Tiga puluh lima persen, "dilaporkan ditembak di tempat yang jauh dari pagar pembatas, hingga jarak 150 meter dari itu," sementara 22 persen "melaporkan terluka pada jarak lebih dari 150 meter dari pagar ".

Jadi, totalnya, 58 persen dari ratusan demonstran yang terluka yang disurvei oleh B'Tselem “tidak berada di sekitar pagar” ketika ditembak oleh tentara Israel.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir