Israel klaim temukan terowongan ke tiga milik Hizbullah

Nazareth, SPNA - Media Israel, Minggu (09/12/2018), melaporkan bahwa Miiter Israel berhasil menemukan terowongan ketiga milik Israel di perbatasan utara Israel-Lebanon. ......

BY 4adminEdited Mon,10 Dec 2018,12:04 PM

Nazareth, SPNA - Media Israel, Minggu (09/12/2018), melaporkan bahwa Miiter Israel berhasil menemukan terowongan ketiga milik Israel di perbatasan utara Israel-Lebanon. Namun demikian, alat penggalian belum dapat menembus ke jalur terowongan bawah tanah tersebut.

Radio Israel memberitakan bahwa tentara Israel akan memperluas area operasi pencarian terowongan Hizbulah di perbatasan.

Pada hari Sabtu (08/12) mereka juga mengklaim telah menemukan terowongan ke dua dalam operasi ‘perisai utara’ yang telah mulai digelar sejak hari Selasa (04/12) pekan lalu.

Pasca penemuan terowongan ke dua, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan, “Militer Israel memperoleh keberhasilan besar dalam menemukan terowongan Hizbullah. Operasi ini masih permulaan dan akan terus berlanjut sampai selesai.”

Pada hari Sabtu (08/12), militer Israel juga menembak tiga warga Lebanon yang mencoba mendekati area operasi Israel. Ketiga warga tersebut dituduh sebagai anggota Hizbullah.

Pengumuman operasi Perisai Utara ini diumumkan pasca pertemuan Benjamin Netanyahu dengan Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo, Senin sore (03/12/2018).

Pihak oposisi dari pemerintahan Netanyahu mempertanyakan kebijakannya tersebut. Mereka menganggap bahwa operasi ini hanya sebagai pengalihan isu korupsi yang sedang mengintai Netanyahu.

Kepala oposisi Israel Tzipi Livni mengatakan, “Netanyahu sedang mencari alasan untuk menunda pelaksanaan pemilu dini.”

Seorang anggot Knesset (Parlemen Israel) berkomentar, “Netanyahu tidak sedang membangun perisai perbatasan Utara Israel, ia sedang membangun perisai dirinya sendiri.”

Mantan Menteri Pertahanan Israel, Avigdor Lieberman, justru mengajak pemerintah untuk membereskan Hamas di Gaza kemudian baru memikirkan terowongan-terowongan tersebut.

 (T.HN/S:Palinfo)

leave a reply