Otoritas Air Palestina peringati Hari Air Sedunia

Bertepatan dengan Hari Air Sedunia, Otoritas Air Palestina mengadakan seminar dan pawai di Kota Gaza. 85% sumber air Palestina dikuasai oleh Israel.

BY 4adminEdited Sat,23 Mar 2019,05:15 PM

Gaza, SPNA - Otoritas Air Palestina bekerja sama dengan MAAN Development Center mengadakan seminar seputar air bersih di Gaza. Acara tersebut berlangsung di pusat kota Gaza, Rabu (20/03/2019), bertepatan dengan Hari Air Sedunia.

Mazin Al-Bannad mengatakan 85% sumber air Palestina digunakan oleh Israel. Warga Palestina hanya dapat menikmati 15% dari sumber air yang mereka miliki. Pencurian sumber air tersebut telah dilakukan Israel selama puluhan tahun.

Rata-rata penggunaan air oleh warga Palestina per individu hanya 60 liter perharinya. Sedangkan warga Israel mencapai 400 liter.

Kadar Salinitas air di Gaza sangatlah tinggi. Hal tersebut disebabkan oleh penyerapan jumlah air bawah tanah yang berlebihan. Kekosongan akibat penyerapan itu kemudian diisi oleh air laut.

AlBanna mengatakan tantangan air di Gaza terletak pada pengadaan bahan bakar untuk menghidupkan mesin desalinasi, guna menyaring zat garam dari air sehingga dapat dikonsumsi.

Selain seminar, mereka juga mengadakan pawai yang dimulai dari depan Kantor Otoritas Air Palestina sampai ke kantor Pusat PBB di Gaza. Anak-anak Gaza yang ikut dalam pawai tersebut ingin menyampaikan pesan mereka kepada PBB atas penderitaan yang diderita oleh warga Gaza akibat krisis Air.

(T.HN/S: Abdelhamid Akkila)

 

leave a reply
Posting terakhir