Pesawat tempur F-35 Israel tercanggih di Timur Tengah

Media Amerika menyebutkan bahwa pesawat tempur F-35 Israel merupakan yang paling canggih di willayah Timur Tengah. Israel dapat menggunakan senjata udara tersebut untuk mengancam Suriah dan Iran.

BY 4adminEdited Wed,03 Apr 2019,12:12 PM

Tel Aviv, SPNA - Pada saat Amerika Serikat masih melakukan penjajakan untuk menggunakan pesawat tempur jenis F-35 di kesatuan militer, Israel justru telah lebih dulu mengoperasikan pesawat tempur yang disebutkan paling berbahaya di Timur Tengah.

Untuk saat ini, militer Israel telah memiliki sembilan unit pesawat tempur F-35. Jumlah tersebut disebutkan akan bertambah menjadi 50 unit pada periode tiga tahun ke depan.

Jet siluman tersebut, kemungkinan akan digunakan oleh Israel untuk menekan tetangganya, Suriah dan Iran yang tidak memiliki pesawat tempur setara.

Situs The National Interest menyebutkan, F-35 Israel berada di atas level F-14 dan MiG-29. Ia juga lebih berbahaya dibandingkan dengan F-4 Iran dan MiG milik Suriah.  Senjata Israel itu  disebutkan dapat mengancam sistem pertahana udara Suriah yang diperkuat S-300 dan Pantsir.

Media Amerika tersebut memperkirakan bahwa F-35 dapat digunakan Israel untuk menekan Suriah dan Iran.

Amerika sendiri tidak punya lahan untuk mengguji ketangguhan F-35 milik mereka. Washington berusaha menjual pesawat tersebut dalam jumlah besar ke sejumlah negara internasional.

(T.HN/S: Ramallah)

leave a reply