Netanyahu: Membunuh 300 pemrotes Gaza adalah keputusan yang 'bijaksana'

“Lebih dari 300 warga Palestina terbunuh di dekat perbatasan ketika mereka mencoba untuk menembus pagar dan menculik tentara kami. Kami telah menggunakan kekuatan dengan bijaksana, dan dengan kuat,” kata Netanyahu.

BY 4adminEdited Sun,07 Apr 2019,01:27 PM

Yerusalem, SPNA - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa Israel menggunakan kekuatan "dengan bijak" di Jalur Gaza, ketika tentara Israel membunuh "lebih dari 300" warga Palestina di dekat pagar timur Gaza yang dikepung.

Dalam sebuah wawancara dengan Israel Hayom, Netanyahu mengatakan, “Lebih dari 300 warga Palestina terbunuh di dekat perbatasan ketika mereka mencoba untuk menembus pagar dan menculik tentara kami. Kami telah menggunakan kekuatan dengan bijaksana, dan dengan kuat.”

Netanyahu juga mengatakan bahwa kebijakan pemerintahnya membuat Hamas, penguasa Jalur yang dikepung, menderita krisis ekonomi terparah." Mereka (warga Gaza) berada dalam kesulitan ekonomi yang sangat besar, dan Hamas berada dalam kendali dan menginginkan ketenangan sehingga dapat menghadapi tekanan besar di Gaza," katanya.

Ia menambahkan, “Kesulitan ekonomi adalah masalahnya sendiri, tetapi kesulitan kemanusiaan adalah masalah kami. Masalah dengan sanitasi, penyakit, hal-hal yang bisa membuat jalan mereka kepada kami. Jadi kami katakan, 'Mencegah terjadinya masalah dan membuat pencegahan. Tujuannya adalah pencegahan, tetapi juga mencegah masalah lingkungan dan kemanusiaan yang dapat membahayakan Israel.'"

Ditanya bagaimana "urusan" dengan Gaza, Netanyahu menjawab, "Pilihan sebenarnya adalah untuk menduduki dan memerintah Gaza. Anda tidak memiliki siapa pun untuk diberikan. Saya tidak akan memberikannya kepada Presiden Abu Mazen (Otoritas Palestina (PA) Mahmoud Abbas)."

"Hubungan antara Gaza dan Tepi Barat yang diduduki telah terputus. Mereka adalah dua entitas yang terpisah, dan saya pikir dalam jangka panjang, itu bukan sesuatu yang buruk bagi Israel," tambahnya.

"Abu Mazen membawanya sendiri. Dia mengurangi masuknya dana PA (ke Gaza). Dia berpikir bahwa dengan melakukan itu, dia dapat mengirim Gaza terbakar. Kami akan membayar untuk pendudukan Gaza dengan kehilangan banyak nyawa, dan di Israel kembali ia (Abbas) akan mendapatkan Gaza di piring perak. Itu tidak akan terjadi."

Ia melanjutkan, “Uang yang dia potong adalah uang Palestina. Israel tidak membayar. Uang itu ditutupi oleh Qatar dan menghentikan rencana Abu Mazen membuahkan hasil, serta memutus Gaza dari (Tepi Barat)."

"Jika ada yang mengira akan ada negara Palestina yang akan mengelilingi kita di kedua sisi. Itu bukan sesuatu yang akan terjadi."

Mengenai hubungan Israel dengan Presiden AS Donald Trump dan apa yang disebutnya "kesepakatan abad ini", ia berkata, "Saya tidak berkoordinasi dengannya. Saya menetapkan tiga prinsip dasar untuknya dan rakyatnya. Saya sangat berharap dalam rencana itu akan dinyatakan: 1) Kami tidak akan mengevakuasi seorang pemukim tunggal. Bukan hanya pemukiman apa pun, tidak satu pun pemukim; 2) Kami akan mempertahankan kendali atas seluruh wilayah barat Sungai Yordan. Kami akan memiliki kehadiran permanen. Itulah otoritas utama yang akan kami pertahankan dalam situasi apa pun; dan 3) Kami tidak akan membagi Yerusalem."

Netanyahu juga mengungkapkan apa yang terjadi ketika ia mempresentasikan prinsip-prinsipnya kepada para pejabat AS. “Ketika saya mempresentasikan prinsip-prinsip ini kepada (mantan) Wakil Presiden (Joe) Biden ketika dia ada di sini, dia memberi tahu saya, itu bukan negara. Saya berkata, 'Joe, jelaskan sesuka Anda, ini adalah persyaratan saya dan saya tidak akan mundur dari mereka.' Itulah yang saya katakan kepada Trump dan perwakilannya Jared Kushner dan Jason Greenblatt."

Dia juga berjanji bahwa dia tidak akan menghapus pemukim ilegal dari Tepi Barat yang diduduki. "Saya tidak mau mencabut orang Yahudi. Itu termasuk permukiman di luar blok besar."

Ketika ditanya apakah dia akan mencaplok wilayah C di Tepi Barat yang diduduki, yang berjumlah sekitar 60 persen dari wilayah itu, dia menjawab, “Saya berjanji kepada Anda akan ada kejutan. Saya tidak bisa memberi tahu Anda apa pun tentang rencana itu, tetapi Presiden Trump adalah teman yang hebat, dan saya ragu kita akan memiliki yang lebih baik di masa depan."

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir