Lebaran di Gaza, Hamas serukan warga Palestina dan umat Islam bersatu hadapi Israel

Kami menyerukan rakyat Palestina untuk menyatukan langkah dan barisan, demi menghadapi ancaman serta membangun kembali lembaga-lembaga dan sistem politik yang jelas demi menghadapi penjajah zionis.

BY 4adminEdited Wed,05 Jun 2019,08:10 PM

Jalur Gaza, SPNA - Lembaga Tinggi Nasional Great March of Return menggelar  sholat Idul Fitri di alun-alun perbatasan timur Jalur Gaza, Rabu, (6/5/2019).
Pantauan Suara Palestina, ratusan warga Gaza dari berbagai lapisan dan faksi Palestina turut hadir memeriahkan hari raya Idul Fitri di lokasi.
“Penjajah Israel berupaya merusak Ramadhan di Palestina dengan menyerbu Masjid Al-Aqsa al-Mubarak, ‘’ ujar Dr. Khalil Hayah dalam khutbahnya.


Hayah juga menyerukan warga Gaza untuk menghilangkan perbedaan dan merajut silaturrahim antara sesama.
“Kami menyerukan rakyat Palestina untuk menyatukan langkah dan barisan, demi menghadapi ancaman serta membangun kembali lembaga-lembaga dan sistem politik yang jelas demi menghadapi penjajah zionis.”


Beliau mengajak bangsa Arab untuk bersatu dan menentang “normalisasi” dengan musuh (Israel). “Israel tidak hanya menargetkan Palestina tapi seluruh umat Islam, ‘’ tegasnya.
Sementara itu Belasan Ribu warga Palestina menunaikan sholat Idul Fitri di Masjid Al-Aqsa Al-Mubarak.


Pusat Informasi Palestina,  Palinfo (05/06/2019) melaporkan bahwa pasukan pendudukan Israel (IDF) mempersulit warga yang hendak menunaikan sholat ‘eid di Masjid Al-Aqsa. Sejumlah warga bahkan dilarang masuk ke kompleks suci tersebut.
 
Warga berdatangan dari berbagai wilayah, dari kota suci Al-Quds, kota Palestina yang diduduki tahun 1948, serta sebagian kecil lainnya berasal dari Tepi Barat dimana Israel hanya mengizinkan warga lansia Tepi Barat untuk berkunjung ke Yerusalem.  
(T.RS)
 
Abdel Hamid Akkila

leave a reply
Posting terakhir