Sebulan pasca gencatan, 47 kebakaran terjadi di permukiman perbatasan Israel

Sejak gencatan senjata terakhir awal bulan lalu, kebakaran di wilayah Israel akibat balon pembakar warga Gaza masih terus terjadi. Media Israel menyebutkan Israel akan segera menepati kesepakatan genjata untuk menghindari kemarahan warga Gaza.

BY 4adminEdited Sat,08 Jun 2019,01:43 PM

Gaza, SPNA - Salah satu media Israel, channel 13, dalam laporan yang dipublish Jumat (07/06/2019) pagi, menyebutkan bahwa sejak gencatan senjata terakhir, telah terjadi 47 kebakaran di wilayah perbatasan Israel-Gaza akibat balon pembakar yang ditembakkan dari Gaza.

“Sejumlah kebakaran terjadi di tempat yang berbeda akibat balon pembakar pejuang Gaza sejak sebulan terkahir.” Tulis media berbahasa Ibrani tersebut.

Kabar baiknya bagi warga Israel, aktivitas demonstrasi malam (irbak allail) yang dilakukan oleh para pemuda Gaza, tidak lagi terjadi sejak sebulan terakhir. Namun pelepasan balon-balon pembakar masih terus berlangsung.

Menurut media tersebut, Israel tidak lagi melayani secara langsung para pemuda yang melepaskan balon pembakar. Otoritas Israel memilih memberikan hukuman dengan mempersempit area penangkapan ikan bagi nelayan Gaza.

Padahal, dalam kesepakatan gencatan senjata disebutkan bahwa Israel akan mempermudah pemeriksaan di jalur penyeberangan Israel-Gaza serta memperluas area penangkapan ikan.

Dalam laporan pagi Jumat tersebut disebutkan bahwa Israel akan menepati janji-janjinya terhitung dari pekan depan.

Termasuk izin untuk memasukkan barang-barang mentah yang dibutuhkan untuk produksi di Gaza dan penambahan kuota listrik.

(T.HN/S: Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir

Pasca gencatan senjata, demonstrasi di perbatasan tetap berlangsung

Warga Palestina hari ini (Jumat, 16/11/2018), kembali bersiap-siap melakukan demonstrasi di perbatasan. Demonstrasi rakyat yang dikenal dengan istilah Misirat Al-Audah (The Great March of Return) pekan ini , yang telah memasuki pekan ke-34 sejak pertama kali diadakan 30 Maret lalu.