Akibat blokade, perekonomian Gaza merugi $ 70 juta setiap bulan

Anggota Parlemen Palestina Jamal Al-Khodari bahwa hampir setiap hari ada saja bisnis di Gaza yang harus mengalami penutupan, di samping itu, tingkat kemiskinan di wilayah kantong tersebut telah mencapai 85 persen dan tingkat pengangguran melebihi 60 persen.

BY 4adminEdited Mon,12 Aug 2019,10:08 AM

MEMO - Gaza

Gaza, SPNA - Anggota Parlemen Palestina Jamal Al-Khodari mengatakan bahwa dampak langsung akibat pengepungan Israel terhadap ekonomi Gaza diperkirakan mencapai $ 70 juta setiap bulan dan memperburuk krisis gaji pegawai negeri.

Dalam siaran pers yang dikirim ke wartawan, anggota parlemen - yang juga menjabat sebagai ketua Komite Rakyat Melawan Pengepungan di Gaza - mengatakan bahwa 3.500 pabrik, bengkel dan usaha telah ditutup selama pengepungan Israel 12 tahun yang diberlakukan di Jalur Gaza.

Dikatakannya bahwa hampir setiap hari ada saja bisnis di Gaza yang harus mengalami penutupan. Dia menambahkan bahwa tingkat kemiskinan di wilayah kantong tersebut telah mencapai 85 persen dan tingkat pengangguran melebihi 60 persen.

Penghasilan individu setiap hari di Gaza kurang dari $ 2 per hari, sementara ada puluhan ribu lulusan universitas menganggur.

Al-Khodari, yang awalnya adalah seorang akademisi dan pengusaha, mengatakan bahwa pasar ekonomi Palestina di Gaza dan Tepi Barat yang diduduki menyaksikan tingkat depresi yang tinggi. "Tingkat penjualan menurun 80 persen di Gaza dan 50 persen di Tepi Barat yang diduduki," jelasnya.

Dia juga mencatat bahwa situasi di Gaza memburuk karena mundurnya program bantuan Arab dan internasional serta dukungan bagi organisasi bantuan.

Dia menambahkan bahwa pengepungan Israel harus dicabut guna memfasilitasi kehidupan yang lebih baik bagi orang-orang di Gaza, sementara perpecahan internal antara faksi-faksi Palestina harus diakhiri untuk memungkinkan koneksi yang lebih baik antara Gaza dan Tepi Barat.

Tidak lupa dia menyeru negara-negara Arab dan komunitas internasional untuk mendorong Israel agar mengakhiri pengepungan, serta untuk melanjutkan aliran dukungan mereka untuk wilayah-wilayah pendudukan.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir

World Bank: Gaza Merugi 570 Juta Dolar Akibat Agresi Israel

Selain menelan korban jiwa, agresi terhadap Gaza juga menyebabkan kerusakan di sektor sosial, infrastruktur dan ekonomi. Rapid Damage and Needs Assessment (RDNA) mengungkapkan bahwa kerusakan fisik di Gaza mencapai 380 Juta Dolar, dan kerugian ekonomi mencapai 190 Juta Dolar.”