Diprediksi akan diguncang gempa dahsyat, Israel adakan simulasi gempa dan Tsunami

Menanggapi prediksi bahwa Israel akan kembali diguncang gempa dahsyat, Israel menggelar latihan evakuasi korban dan penyaluran bantuan dengan melibatkan angkatan laut. Ikut terlibat dalam latihan tersebut Amerika Serikat dan beberapa negara internasinonal lainnya.

BY 4adminEdited Tue,13 Aug 2019,12:18 PM

Arabic.Rt - Yafa

Yafa, SPNA – Untuk mempersiapakan diri terhadap kemungkinan terjadinya gempa dan Tsunami, Israel gelar simulasi tanggap bencana yang melibatkan angkatan laut Zionis.

Menurut skenario, Israel diperkirakan akan dilanda gempa bumi dan tsunami berkekuatan 7 skala Richter yang akan menghancurkan sebagian besar infrastruktur negara itu dan menyebabkan puluhan ribu korban.

Pasukan dilatih untuk mencapai daerah yang terkena bencana dengan cepat. Dalam hal bantuan, Israel memilih pelabuhan sebagai tempat yang akan dijadikan posko pengumpulan bantuan.

Israel memperhitungkan bahwa negara-negara tetangga seperti Mesir dan Yordania juga akan terkena dampak gempa. Sedangkan Israel tidak memiliki hubungan dengan negara-negara tetangga lainnya seperti Lebanon dan Suriah.

Dengan demikian Israel akan menjadi "pulau" di mana bantuan hanya dapat diberikan melalui laut atau udara.

Sebanyak 11 negara, termasuk Yunani, Prancis, Amerika Serikat, Jerman, Italia, Kanada, Chili dan Siprus, ikut serta dalam latihan yang digelar di dekat pelabuhan Haifa Israel utara tersebut.

Harian Yedioth Ahronoth mengutip pernyataan dari Komandan Pangkalan Angkatan Laut di Haifa, Jenderal Gail Aginski, Senin (12/08/219), yang mengatakan bahwa latihan itu adalah "Manuver internasional terbesar yang pernah dipimpin oleh Israel."

Perlu dicatat bahwa Israel merupakan wilayah yang diprediksikan akan diguncang gempa bumi yang kuat sekali dalam hampir setiap 100 tahun, yang terakhir terjadi pada tahun 1927.

(T.HN/S: Arabic.Rt)

leave a reply
Posting terakhir

Gempa dahsyat ancam Israel

Pakar geologi Israel, Ariel Heiman mengatakan, kemungkinan gempa besar akan mengguncang Israel dalam waktu dekat. Pernyataan ini disampaikan pasca gempa yang mengguncang negara tersebut pada Rabu (04/07/2018).

Gempa dahsyat kembali guncang Meksiko

Gempa dahsyat kembali guncang Meksiko

Gempa dahsyat kembali guncang Meksiko pada Selasa siang waktu setempat. Gempa tersebut telah meruntuhkan berbagai banguan, mengguncang ibukota dan menyebabkan penduduk berlarian ke jalan-jalan, dan merupakan gempa yang terjadi kali kedua dalam dua minggu terakhir.