Zorlu Enerji Turki sediakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya untuk Palestina

Pelopor energi domestik dan terbarukan asal Turki Zorlu Enerji dan Perusahaan Listrik Distrik Yerusalem menandatangani perjanjian baru untuk menyediakan listrik di wilayah Palestina melalui pembangunan pembangkit listrik tenaga surya 1,8 megawatt (MW).

BY 4adminEdited Fri,30 Aug 2019,02:12 PM

Tepi Barat

Tepi Barat, SPNA - Zorlu Enerji, salah satu pelopor energi domestik dan terbarukan asal Turki bekerja sama dengan Perusahaan Listrik Distrik Yerusalem (JDECO), yang mendistribusikan 25% listrik Palestina, Rabu (28/08/2019), menandatangani perjanjian baru untuk menyediakan listrik ke wilayah Palestina.

Perjanjian pembangunan pembangkit listrik tenaga surya berkapasitas 1,8 megawatt (MW) di Jericho, Palestina, ditandatangani pada hari Rabu di gedung Otoritas Energi Palestina di Tepi Barat.

Acara penandatanganan dihadiri oleh Presiden Otoritas Energi Palestina Zafer Milhelm, CEO Zorlu Enerji Sinan Ak, Wakil Konsul Turki di Yerusalem İhsan Eralp Semerci, Manajer Umum JDECO Hisham Omari dan Manajer Umum Bank Palestina Hashim Shawa.

CEO Zorlu Enerji Sinan Ak mengatakan bahwa mereka terus melanjutkan pengetahuan dan pengalaman mereka selama lebih dari 25 tahun di luar negeri dengan proyek energi terbarukan. Ia  menambahkan, "Kami akan membangun pembangkit listrik tenaga surya dengan kapasitas terpasang 1,8 MW di Jericho, Palestina, dengan ZJ Energi Kuat untuk Energi Terbarukan Ltd Co (ZJ Kuat), yang telah kami bangun bekerja sama dengan JDECO guna memenuhi kebutuhan energi kawasan itu dengan pembangkit listrik tenaga surya."

Ia menggarisbawahi bahwa mereka bertujuan untuk mencapai total daya terpasang 100 MW, termasuk 30 MW pada fase pertama, untuk menyediakan listrik ke wilayah tersebut. "Kami berusaha untuk lebih meningkatkan kekuatan internasional kami dengan investasi asing kami di berbagai proyek energi terbarukan, terutama tenaga surya," kata Ak.

Presiden Otoritas Energi Palestina Zafer Milhelm menyatakan bahwa mereka sangat senang dengan perjanjian tersebut. Ia mencatat bahwa persahabatan antara Turki dan Palestina telah dipindahkan ke dimensi yang berbeda melalui perjanjian ini.

"Kami sangat senang melihat persahabatan antara kedua negara dalam proyek-proyek yang meningkatkan proses perdagangan dan investasi. Kami telah meluncurkan pembicaraan dengan Zorlu Enerji dan JDECO tentang pendirian pembangkit listrik tenaga surya lain dengan kapasitas terpasang 5 MW di periode mendatang. Kami akan terus bekerja dalam kemitraan dengan Turki, "katanya.

Zorlu Enerji menandatangani perjanjian pinjaman 5 juta shekel Israel ($ 1,41 juta) dengan Bank of Palestine untuk membiayai investasi pembangkit listrik.

(T.RA/S: Daily Sabah)

leave a reply
Posting terakhir

Gaza Terus Bangun Jaringan Interkoneksi dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Perusahaan Distribusi Listrik di provinsi di Jalur Gaza mengatakan bahwa kru perusahaan sedang menyelesaikan pekerjaan yang sedang melakukan proses pembangunan jaringan interkoneksi (AD) dengan pembangkit listrik tenaga surya di zona industri PEDICO di timur Kota Gaza. Jaringan interkoneksi yang dibangun ini panjangnya sekitar 4 setengah kilometer.