Utusan AS untuk Timur Tengah Mengundurkan Diri

Para pejabat mengatakan bahwa utusan khusus Presiden Donald Trump untuk Timur Tengah, Jason Greenblatt, akan mengundurkan diri setelah rencana perdamaian Timur Tengah AS yang sedang ia kerjakan dirilis.

BY adminEdited Fri,06 Sep 2019,10:08 AM

Washington

Washington, SPNA - Jason Greenblatt, utusan khusus Presiden Donald Trump untuk Timur Tengah, berencana untuk mengundurkan diri setelah rencana perdamaian AS untuk Israel dan Palestina dirilis, ungkap seorang pejabat pada hari Kamis (05/09/2019).

Greenblatt, yang berniat untuk mengabdi hanya dua tahun ketika ia mulai bekerja di Gedung Putih pada awal 2017, sangat ingin kembali ke keluarganya yang bermukim di New Jersey, kata para pejabat itu.

Greenblatt dan penasihat senior Gedung Putih Jared Kushner, serta duta besar AS untuk Israel, David Friedman, telah memimpin upaya untuk mengembangkan rencana perdamaian untuk Israel dan Palestina. Mereka telah bekerja sepanjang masa jabatan Trump demi terwujudnya proyek ini.

Digambarkan oleh Trump sebagai "kesepakatan abad ini", Palestina sangat skeptis dan kritis terhadap rencana dan niat sang Presiden.

Sejauh ini, Gedung Putih telah menguraikan rencana pembangunan kembali senilai 50 miliar USD untuk Palestina dan negara-negara tetangga. Namun, belum mengeluarkan proposal mereka untuk menyelesaikan masalah politik yang sulit seperti status Yerusalem.

Para pejabat AS mengatakan bahwa rencana politik itu sudah lengkap dan akan diumumkan kepada publik jika perlu. Trump mengatakan bahwa ia akan merilis rencana itu sesaat setelah Israel mengadakan pemilihan umum pada pada 17 September mendatang.

(T.RA/S: Aljazeera)

leave a reply