Irak Minta Liga Arab Pulihkan Status Keanggotaan Suriah

Pertemuan antar negara Liga Arab di Kairo menghasilkan beberapa instruksi penting. Salah satunya permintaan Irak untuk mengembalikan status Suriah sebagai anggota.

BY adminEdited Mon,09 Sep 2019,02:32 PM

Kairo

Kairo, SPNA - Duta Besar Irak untuk Liga Arab, Ahmed Nayef Ad-Dulaimi, menyerukan bergabungnya kembali Suriah dalam Liga Arab. Ia juga mengajak warga Suriah, Yaman dan Libya untuk mengatasi perbedaan dengan dialog untuk menghadirkan keamanan dan stabilitas di negara masing-masing.

Pernyataan ini disampaikan dalam pidato pembukaan pertemuan dewan anggota Liga Arab sesi (152) di markas besarnya, Kairo. Di mana Irak dipercaya untuk memimpin sesi tersebut.

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa negara Arab saat ini sedang menghadapi tantangan. Formula yang tepat diperlukan untuk menghadapi tantangan itu guna menyelesaikan krisis yang berlangsung di beberapa negara Arab.

Ad-Dailami juga menegaskan pentingnya menghindari kebijakan eskalasi dan intervensi eksternal, serta perlunya usaha untuk mencapai aspirasi sah dari masyarakat di wilayah tersebut.

"Irak telah merasakan derita dari kelompok teroris yang menghancurkan banyak kota. Tetapi tentara Irak mampu melenyapkan mereka, yang memungkinkan dimulainya rekonstruksi kota-kota tersebut," katanya.

Selanjutnya ia menyerukan upaya bersama Arab untuk memerangi terorisme dan kejahatan terorganisir. Baik secara politis, media maupun budaya.

Terkait persoalan Palestina, Duta Besar Irak itu mengatakan tetap akan menjadi agenda utama Liga Arab. Ia meminta seluruh negara anggota untuk merasa bertanggung jawab demi menghentikan penjajahan Israel.

(T.HN/S: Arabic.RT)

leave a reply
Posting terakhir