Calon Presiden AS, Elizabeth Warren Dukung Solusi Dua Negara

Calon presiden AS dari Partai Demokrat tersebut juga menyetujui  gagasan menjadikan bantuan AS terhadap Israel bersyarat, yaitu Israel diwajibkan menghentikan pembangunan hunian ilegal di wilayah Palestina yang diduduki

BY Edited Mon,21 Oct 2019,12:16 PM

Washington, SPNA – Elizabeth Warren menegaskan dukunganya terhadap solusi dua negara.  

Calon presiden AS dari Partai Demokrat tersebut juga menyetujui  gagasan menjadikan bantuan AS terhadap Israel bersyarat, yaitu Israel diwajibkan menghentikan pembangunan hunian ilegal di wilayah Palestina yang diduduki, Maannews melaporkan Senin (21/10/2019). 

"Saat ini, Netanyahu mengatakan dia akan meningkatkan pembangunan hunian ilegal namun tindakan Netanyahu tidak mendukung solusi dua negara. Kebijakan resmi Amerika Serikat adalah mendukung solusi dua negara. Jika Israel mengambil tindakan berlawanan maka segalanya akan dibicarakan kembali di atas meja,’’ sindirnya.

Warren adalah anggota Partai Demokrat kedua yang setuju memotong bantuan ke Israel.

Jelang pemilu Israel 22 September lalu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berjanji untuk melakukan pencaplokan luas terhadap Tepi Barat.

Sementara itu, Pemerintahan Trump menarik mundur kritikannya  terhadap permukiman Israel bahkan dia menandatangani pengakuan hunian Israel di  Dataran Tinggi Golan di wilayah Suriah yang diduduki.

Tindakan ini menuai kritikan dari beberapa anggota partai  Demokrat, termasuk Warren dan Senator Bernie Sanders.

“Adalah hak bagi seluruhnya untuk memprotes kebijakan Trump demi masa depan yang lebih baik. Di saat yang sama, bencana kemanusiaan di  Gaza membuat AS harus memainkan peran yang lebih positif dalam mengakhiri blokade di Gaza dan membantu Palestina,’’ tulis Sanders di Twitter.

(T.RS/S:Maannews)

leave a reply
Posting terakhir