Perayaan Hanukkah di New York diwarnai Aksi Penikaman, 5 Warga Yahudi luka-luka

5 warga Yahudi luka-luka akibat ditikam dalam perayaan Hanukah di sebuah rumah seorang rabi, Sabtu malam (28/12/2019) di Rockland County, New York

BY Mohamed AlhirtaniEdited Sun,29 Dec 2019,11:27 AM

New York, SPNA – 5 warga Yahudi luka-luka akibat ditikam dalam perayaan Hanukah di sebuah rumah seorang rabi, Sabtu malam (28/12/2019) di Rockland County, New York.

Kejadian tersebut terjadi menjelang pukul 10 malam waktu setempat dekat sinagog Yahudi di Monsey. Kepolisian setempat kemudian melakukan penyisiran dan berhasil menangkap pelaku. Sayangnya, polisi tidak menjelaskan identitas dan motif pelaku. 

“Seorang penyusup dengan pisau besar menyerbu masuk ke rumah seorang rabi Hasid di pinggiran kota New York pada hari Sabtu. Dia lalu menusuk dan melukai lima orang saat mereka berkumpul untuk menyalakan lilin Hanukka, “ Ujar seorang saksi seperti dilansir New York Times.  

Para pejabat dan saksi melaporkan bahwa penikaman terjadi sekitar pukul 10 malam dimana beberapa warga Yahudi  saat itu sedang merayakan Hanukkah di kediaman rabi Chaim Rottenberg di Monsey yang menjadi rumah sebagian besar populasi Yahudi Ultra-Ortodox AS.  

Rockland County, terletak di barat laut New York, memiliki populasi lebih dari 300.000 orang. Sekitar 31% dari populasinya adalah Yahudi.  County tersebut merupakan  salah satu permukiman terbesar bagi pemeluk Yahudi ultra-Ortodoks di Amerika Serikat.

(T.RS/S:Maannews,NewYorkTimes)

leave a reply
Posting terakhir