Selain hasil tani, Gaza mulai ekspor komoditas makanan ke Negara Teluk

Untuk pertamakalinya Gaza dapat memasarkan hasil pangannya ke negara-negara teluk. Hal itu tidak lepas dari izin pemerintah Israel yang memberikan sedikit kebebasan bagi warga Gaza yang hidup di bawah blokade sejak 13 tahun lalu.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Tue,31 Dec 2019,02:16 PM

Gaza, SPNA - Senin (30/12/2019), Gaza mulai mengekspor bahan-bahan manufaktur ke negara-negara Teluk.

Selain produk pertanian yang diekspor ke negara-negara Teluk, Gaza mulai mengekspor dalam jumlah besar "manisan musim dingin", ke negara-negara tersebut. Seperti dikutip dari  Departemen Hubungan Masyarakat dan Informasi yang bertugas di gerbang penyeberangan Karm Abu Salem.

Ini adalah pertama kalinya komoditas pangan yang diproduksi di Jalur Gaza diekspor ke negara-negara Teluk. Barang yang diizinkan untuk diekspor dari Gaza ke luar negeri biasanya terbatas pada produk pertanian seperti stroberi, tomat, dan mentimun, dan baru-baru ini diizinkan untuk mengekspor mawar dalam jumlah terbatas.

Sementara itu, media Palestina, Sama, mengindikasikan bahwa pihak berwenang Israel mengizinkan ekspor manisan tersebut , melalui penyeberangan Kerem Shalom, yang merupakan satu-satunya penyeberangan komersial Gaza.

Pada hari Minggu (29/12), sumber-sumber Palestina mengkonfirmasi bahwa pemerintah Israel akan memberikan sejumlah kemudahan ekonomi untuk Gaza, termasuk ekspor produk pertanian dan lainnya.

Media Israel melaporkan bahwa hari ini (Senin), untuk pertama kalinya, 8 ton manisan yang dibuat di Gaza diekspor melalui penyeberangan Kerem Shalom. Manisan tersebut akan dipasarkan ke Yordania dan Bahrain.

Blokade Israel yang telah berlangsung selama 13 tahun menjadikan perekonomian Gaza hancur berantakan. Pabrik dan rumah usaha terpaksa gulung tikar karena kekurangan barang mentah impor serta terbatasnya lahan untuk memasarkan hasil produksi. Akibatnya Gaza tercatat sebaga wilayah dengan persentase pengangguran tertinggi di dunia.

(T.HNS: RT.Arabic)

leave a reply
Posting terakhir

Gaza ekspor tiga ton strawberry ke negara teluk

Demi menyediakan harapan ekonomi baru untuk warga Gaza, Kementerian Pertanian Palestina di Gaza membukan peluang ekspor hasil pertanian ke negara-negara teluk. Sebanyak tiga ton buah strawberry hasil pertanian Gaza telah dikirimkan ke sejumlah negara tetangga.