Israel tuduh Iran sedang mempersiapkan senjata pemusnah massal

Israel memberikan peringatan terhadap program senjata nuklir Iran yang akan  rampung pada akhir 2020 nanti. Namun demikian, Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa Israel tidak akan pernah membiarkan hal itu terjadi.

BY Edited Thu,16 Jan 2020,10:07 AM

Tel Aviv, SPNA - Para pejabat elit Israel memperingatkan bahwa Iran akan segera memiliki senjata pemusnah massal pada akhir 2020 nanti.

Media lokal Israel mengutip dari para pejabat tersebut melaporkan bahwa Iran akan mendapatkan jumlah uranium yang cukup untuk membuat bom atom pada akhir tahun nanti.

"Iran butuh enam bulan untukmencapai tingkat ini, dan sekitar dua tahun lagi untuk mengembangkan rudal yang mampu membawa bom nuklir." Tulis media Israel.

Iran disebutkan sedang tidak ingin terlibat perang dalam waktu dekat, meski kemungkinan terjadinya eskalasi militer masih terbuka lebar.

Menanggapi hal tersebut, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu (Selasa, 14/01) mengatakan, "Kami tahu persis apa yang sedang terjadi dalam program nuklir Iran. Iran yakin negara itu dapat memperoleh senjata nuklir. Saya katakan lagi: Israel tidak akan membiarkan Iran memiliki bom atom."

Sejak dulu Israel terus menuduh Iran memanfaatkan kekayaan uraniumnya untuk membuat senjata penghancur massal. Namun demilian klaim tersebut selalu dibantah oleh pihak Iran.

Israel juga giat memprovokasi negara-negara Eropa untuk keluar dari kesepakatan Nuklir Iran, sebagaimana yang dilakukan Amerika pada tahun 2018 lalu.

(T.HN/S: Arabic.Rt)

leave a reply
Posting terakhir