Warga Gaza kembali tembakkan balon pembakar ke permukiman Yahudi

Meski masih terikat gencatan senjata dengan Israel, pemuda Gaza mulai tebakkan ratusan balon pembakar ke permukiman ilegal Yahudi.

BY Edited Sun,19 Jan 2020,01:01 PM

Gaza, SPNA - Pemuda Palestina Gaza, Sabtu (18/01/2019), kembali menembakkan balon yang telah dipasang pemicu kebakaran ke arah permukiman Yahudi. Media melaporkan ada ratusan balon pembakar yang dilepaskan ke udara.

Salah satu media Israel, Channel 7, turut mengangkat aksi pemuda Palestina tersebut. Sejumlah balon pembakar dilaporkan mendarat di permukiman Sderoth.

Balon pembakar merupakan salah satu bentuk perjuangan warga Palestina dalam menolak penjajahan dan blokade Israel.

Aksi ini menarik perhatian media karena berlangsung dalam periode gencatan senjata. Ditengahi oleh Mesir, Qatar dan PBB, Pejuang Palestina Gaza dan militer Israel sepakat untuk menghentikan gempuran untuk sementara waktu.

Salah satu syarat perdamaian tersebut adalah permintaan Israel agar warga Gaza tidak lagi melakukan unjuk rasa perbatsan yang biasa berlangsung pada hari Jumat sore. Termasuk menghentikan menembakkan balon pembakar ke permukiman Yahudi.

Sebagai ganti, Pemerintah Zionis akan sedikit membuka pintu perbatasan untuk memasok kebutuhan pokok ke salah satu wilayah Palestina tersebut.

Komite Demontrasi Nasional sebelumnya telah mengumumkan penundaan unjuk rasa perbatasan hingga akhir Maret nanti.

Utusan dari PBB untuk Perdamaian Timur Tengah juga baru saja menginjakkan kakinya di Gaza beberapa hari lalu. Ia datang untuk memastikan sejumlah perkembangan yang telah tercipta pasca perdamaian.

(T.HN/S: Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir