Remaja Palestina Gaza meninggal dunia akibat luka tembak militer Israel

Seorang remaja Palestina Gaza meninggal dunia akibat luka tembak yang ia dapatkan saat menghadiri Unjuk Rasa Perbatasan beberapa bulan lalu.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Sat,01 Feb 2020,10:20 AM

Gaza, SPNA – Seorang remaja Palestina di Gaza meninggal dunia akibat luka tembak oleh militer Israel beberapa bulan lalu.

Berita tersebut diperoleh media lokal Palestina  dari laporan Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza, Jumat (31/01/2019). Ia disebutkan terkena tembakan militer Israel di wilayah  Khan Yunis, Gaza.

Remaja tersebut adalah Al Haniy Al-Abbasi (15 tahun). Merupakan salah satu di antara ratusan anak Gaza yang ikut terlibat dalam Unjuk Rasa Perbatasan, yang biasanya dilaksanankan setiap Jumat sore.

Unjuk rasa tersebut lebih dikenal di media dengan sebutan The Great March of Return. Sebuah demonstrasi guna menuntut hak mereka agar hidup bebas dari belenggu blokade Israel yang telah berumur 13 tahun.

Selain itu warga juga mendesak Israel untuk mengizinkan mereka agar dapat kembali ke perkampungan mereka yang telah di kuasai oleh Israel.

Unjuk rasa warga itu biasanya direspon dengan keras oleh militer penjaga perbatasan Israel. Mereka tidak  segan menarik pelatuk senapan mereka jika warga Gaza mencoba mendekati pagar perbatsan.

Namun demikian, demi menjaga perdamaian dengan Israel, protes tersebut untuk saat ini sedang tangguhkan. Dan kabarnya akan kembali berlangsung pada akhir Maret mendatang.

(T.HN/S: )

leave a reply