Lawan Virus Corona, PBB Luncurkan Rencana Bernilai 2 Miliar Dolar

Sekjen PBB mengatakan, "rencana ini akan menyelamatkan banyak nyawa dan mempersenjatai lembaga-lembaga kemanusiaan dan LSM dengan perlengkapan laboratorium untuk pengujian, peralatan medis untuk pengobatan sembari melindungi para tenaga medis."

BY Edited Thu,26 Mar 2020,02:28 PM

New York

New York, SPNA - Virus corona baru "sedang mengancam seluruh umat manusia" dengan menjangkau seluruh wilayah di dunia, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Gutteres mengatakan pada hari Rabu (25/03/20202) di saat peluncuran rencana bernilai 2 miliar dolar untuk memerangi pandemi tersebut.

"Seluruh umat manusia harus melawan. Respon masing-masing negara tidaklah cukup," ungkap Gutteres di kantor pusat PBB di New York. Dalam kesempatan itu, Gutteres juga memohon masing-masing pemerintah untuk memberi dukungan yang disebut "keharusan moral" dan "pentingnya kesehatan global."

Rencana baru antar lembaga untuk melawan COVID-19 dilakukan dengan menggabungkan seruan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang telah ada sebelumnya, lembaga PBB lainnya dan mengidentifikasi kebutuhan baru.

"Didanai dengan baik, rencana ini akan menyelamatkan banyak nyawa dan mempersenjatai lembaga-lembaga kemanusiaan dan LSM dengan perlengkapan laboratorium untuk pengujian, peralatan medis untuk pengobatan sembari melindungi para tenaga medis," tuturnya.

Terdapat hampir 439,000 kasus virus corona yang dikonfirmasi di seluruh dunia dengan jumlah kematian mencapai 20.0000, menurut perhitungan yang dilakukan oleh Johns Hopkins University di Baltimore, Maryland.

Ketika virus menyebar, Gutteres menekankan pentingnya menopang negara-negara yang sedang dilanda krisis kemanusiaan. Dia mencatat bahwa negara-negara maju dengan sistem kesehatan yang kuat pun "takluk di bawah tekanan ini."

"Kita harus membantu jutaan orang yang rentan, yang tidak mampu melindungi diri mereka," katanya. "Ini adalah masalah solidaritas manusia."

(T.RA/S: Anadolu Agnecy)

leave a reply
Posting terakhir

PBB: Blokade Israel Merugikan Gaza Sebesar 17 Miliar Dolar

Laporan tersebut menambahkan bahwa Gaza mengalami salah satu perjalanan ekonomi terburuk di dunia. Blokade harus segera diakhiri sehingga penduduk Palestina dapat melakukan perdagangan bebas dengan seluruh dunia, termasuk dengan wilayah Palestina yang diduduki sendiri.