Siswa Palestina tandatangani petisi tuntut kemerdekaan Palestina dan penghapusan pendudukan Israel

Ramallah, SPNA - Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Selasa (12/09/2017) menerima petisi yang ditandatangani 1 Juta siswa Palestina ......

BY adminEdited Wed,13 Sep 2017,10:35 AM

Ramallah, SPNA - Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Selasa (12/09/2017) menerima petisi yang ditandatangani 1 Juta siswa Palestina menuntut pendirian negara Palestina yang merdeka dan mengakhiri pendudukan Israel.

Abbas mengatakan bahwa petisi tersebut akan disampaikan ke Sekjen PBB Antonio Guterres dalam sidang Majelis Umum PBB 20 September mendatang.

‘’Petisi ini menegaskan bahwa bangsa Palestina bersikeras untuk menjadi bangsa yang merdeka. Siswa Palestina juga memainkan peran besar demi memerdekakan negaranya serta membangun masa depan yang cerah.’’

Agustus lalu Menteri Pendidikan Palestina mengkampanyekan petisi untuk mengumpulkan 1 Juta tanda tangan siswa dari seluruh wilayah Palestina.

Guterres dalam kunjungan perdana ke Palestina akhir Agutus lalu menekankan bahwa PBB akan terus mendukung solusi dua negara demi merestorasi perdamaian di kawasan. Ia juga menambahkan bahwa  pembangunan hunian ilegal Israel dapat menjadi batu penghalang bagi perdamaian.

Disebutkan bahwa negosiasi damai antara Palestina dan Israel vakum sejak April 2014 lalu paska penolakan PM Israel Benyamin Netanyahu untuk menghentikan permukiman ilegal di tanah warga.

Perwakilan tetap Palestina untuk PBB Riyad Mansur, Minggu lalu mengatakan bahwa pemerintah Palestina telah mempersiapkan 16 rancangan resolusi untuk diajukan ke Majelis Umum PBB. (T.RS/S:Anadolu Agency)

leave a reply