Hadiah Donald Trump setelah deklarasi Al-Quds ibukota Israel: Warga Israel dapat masuk ke Amerika Serikat tanpa visa

Jalur Gaza, SPNA -  Sejumlah surat kabar Israel mengungkapkan bahwa Presiden Amerika Serikat, Donald Trump berencana membatalkan persyaratan visa ke Amerika Serikat bagi warga Israel.

BY adminEdited Mon,26 Feb 2018,09:55 AM

Jalur Gaza, SPNA -  Sejumlah surat kabar Israel mengungkapkan bahwa Presiden Amerika Serikat, Donald Trump berencana membatalkan persyaratan visa ke Amerika Serikat bagi warga Israel.

Portal Maannews mengutip dari situs tersebut, Minggu (26/02/2018) bahwa setelah mengumumkan akan merelokasi kedubesnya dari Tel Aviv ke Yerusalem  Mei mendatang, Presiden Trump juga diprediksi akan membatalkan persyaratan visa bagi warga Israel yang berkunjung ke Amerika Serikat.

Sebelumnya, sejumlah surat kabar Amerika Serikat melaporkan bahwa AS dan Israel telah melakukan perundingan terkait visa serta rencana pembatalan pengajuan visa bagi turis Israel bersamaan dengan relokasi Kedutaan Besar AS ke Yerusalem.

Awal Desember lalu, Presiden AS Donald Trump menetapkan secara resmi bahwa seluruh wilayah Al-Quds ibukota bagi Israel dan akan merelokasi kedubesnya ke kota suci tersebut dimana hal ini membuat hubungan Palestina dan AS tegang.

Langkah AS tersebut ditentang oleh Majelis Umum PBB, Kamis (21/12/2017) yang menetapkan sebuah resolusi menentang keputusan Donald Trump dengan dukungan 128 negara. PBB menyatakan bahwa status Al-Quds harus diselesaikan melalui perundingan langsung antara Palestina dan Israel, sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan PBB terkait.

Senin (15/1/2017)  Dewan Pusat Palestina mengumumkan, bahwa Palestina  akan menangguhkan pengakuan terhadap kedaulatan Israel sampai Israel mengakui kedaulatan Palestina di perbatasan 1967 serta menghentikan  pendudukan terhadap Yerusalem Timur dan permukiman ilegal.

Abbas juga menolak menjadikan AS mediasi perundingan damai dengan Israel, serta menganggap peran AS dalam perundingan damai Palestina telah berakhir, Akibatnya AS mengancam memutuskan bantuan kemanusiaan kepada Palestina.

Juma’t lalu, (23/02/2018)  Menteri Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan bahwa AS akan meresmikan kedutaan baru di Yerusalem pada bulan Mei  mendatang bersamaan dengan peringatan 70 tahun kemerdekaan Israel, seperti dilansir Reuters. (T.RS/S:Maannews)

leave a reply
Posting terakhir
Warga Israel akan memasuki AS tanpa visa

Warga Israel akan memasuki AS tanpa visa

Menteri Kehakiman Israel, Senin (13/11/2017), mengumumkan bahwa rencana untuk membatalkan persyaratan visa masuk AS untuk warga Israel telah selesai, media setempat melaporkan.