Disinyalir merebaknya wabah kolera, Kuwait berlakukan status darurat di perbatasan Irak

Kuwait, SPNA - Pemerintah Kuwait, Senin (10/09/201), memberlakukan status darurat di perbatasan pasca pemberitaan media tentang merebaknya wabah kolera ...

BY adminEdited Wed,12 Sep 2018,11:31 AM

Kuwait, SPNA - Pemerintah Kuwait, Senin (10/09/201), memberlakukan status darurat di perbatasan pasca pemberitaan media tentang merebaknya wabah kolera di Irak.

Media resmi Kuwait ‘KUNA’ menyebutkan, Kementerian Kesehatan Kuwait telah memastikan bahwa pihaknya sama sekali belum mendapatkan informasi tentang merebaknya kolera di Irak. Meski demikian, pihak Kesehatan tetap akan mengambil langkah penanggulangan dini.

Seorang pejabat di Kementerian Kesehatan Kuwait, Majidah Al-Qattan, menjelaskan, berita yang tersebar di media sosial tentang mewabahnya kolera di Irak hanya sekedar isu belaka. Belum ada konfirmasi resmi dari badan kesehatan dunia tentang kebenaran berita tersebut.

Dia menambahkan bahwa Kementerian sudah menyiapkan perlengkapan untuk memeriksa setiap pasien yang diindikasikan terkena penyakit tersebut. Di samping mencari kebenaran berita dari badan kesehatan Internasional dan badan kesehatan lainnya.

Qattan mengajak warganya yang ingin melakukan perjalanan ke Irak untuk menundanya sementara waktu. Terkhusus anak-anak, penyandang penyakit kronis dan wanita hamil.

Beberapa hari lalu, Kamis (06/09/2018), akibat isu Kolera, otoritas Perancis menahan 147 warga Aljazair yang baru saja mendarat di Bandara Internasional Perpignan–Rivesaltes, Perancis. Mereka harus menunggu lebih dari satu jam di dalam pesawat untuk dilakukan pemeriksaan.

Pemeriksaan ini dilakukan karena salah satu penumpang terindikasi wabah kolera. Kecurigaan tersebut, seperti yang diberitakan surat kabar Aljazair ‘An-Nahar’, dilaporkan oleh pilot pesawat kepada pihak keamanan.

Aljazair saat ini sedang melawan wabah kolera yang sedang menyebar di negara tersebut. Kementerian Kesehatan Aljazair Mokhtar Hasbellaoui, Rabu (05/09/2018), mengumumkan bahwa negaranya siap memberantas kolera dalam masa sepuluh hari.

(T.HN/S:Palsawa)

leave a reply