Mantan Jenderal IDF, militer Israel tak akan mampu melawan balon pembakar Gaza dan mereka harus segera bernegosiasi dengan Hamas

Jalur Gaza, SPNA - Pensiunan Jenderal  Israel, mengajak pemerintah Netanyahu untuk bernegosiasi dengan Hamas serta menegaskan bahwa Israel tidak akan mampu mengantisipasi .....

BY adminEdited Tue,09 Oct 2018,10:51 AM

Jalur Gaza, SPNA - Pensiunan Jenderal  Israel, mengajak pemerintah Netanyahu untuk bernegosiasi dengan Hamas serta menegaskan bahwa Israel tidak akan mampu mengantisipasi balon pembakar yang datang dari Gaza.

“Gaza berada di tepi jurang, dan tak jauh dari ledakan,” ujar mantan kepala operasi pasukan pertahanan Israel (IDF),  Yisrael Zeev kepada Radio Israel, Senin (07/10/2018).

“Faktanya tentara Israel tidak mampu mengantisipasi balon pembakar,” cetusnya menyindir balon dan layangan pembakar yang dilepas warga Gaza yang membakar sejumlah wilayah dan permukiman Yahudi di sekitar Gaza dalam Great March of Return.

“Menurut pendapat saya, lebih tepat jika mereka berbicara dengan Hamas. Saya tidak tahu apakah kesepakatan damai akan terwujud tetapi saya yakin bahwa langkah ini tepat.  ‘’

Sebelumya, sejumlah pejabat Israel menuntut agar dilakukan operasi militer di Jalur Gaza jika protes mingguan di dekat perbatasan Jalur Gaza tidak berhenti.

Sebaliknya, organisasi kemanusiaan Palestina, Israel dan internasional memperingatkan akibat yang ditimbulkan blokade Israel yang melumpuhkan Gaza sejak 12 tahun silam.

Hamas dilaporkan belum melakukan negosiasi apapun dengan Israel. Hal ini dikarenakan Israel menuntut Hamas mengakui kedaulatan negara Yahudi tersebut dan Hamas menolak tuntutan tersebut.

Komunikasi antara Israel dan Hamas biasanya dilakukan secara tidak langsung dan dimediasi oleh pihak ketiga baik mediator Arab atau internasional.

(T.RS/S:AnadoluAgency)

leave a reply
Posting terakhir