40.000 warga Palestina banjiri Masjid Al-Aqsa untuk menunaikan sholat Jum’at

40.000 warga Palestina membanjiri Masjid Al-Aqsa Al-Mubarak, Jum’at (09/03/2019). Pusat Informasi Palestina, Palinfo melaporkan bahwa ribuan warga Palestina dari Tepi Barat tiba di kota Al-Quds yang diduduki untuk menunaikan shalat Jum’at di Masjid Al-Aqsa.

BY 4adminEdited Sat,09 Mar 2019,01:54 PM

Al-Quds, SPNA - 40.000 warga Palestina membanjiri Masjid Al-Aqsa Al-Mubarak, Jum’at (09/03/2019). Pusat Informasi Palestina, Palinfo melaporkan bahwa ribuan warga Palestina dari Tepi Barat tiba di kota Al-Quds yang diduduki untuk menunaikan shalat Jum’at di Masjid Al-Aqsa.

Sejumlah warga juga berusaha masuk ke Mushola Baburrahmah untuk menunaikan sholat Jum’at. Hal ini dilakukan untuk menentang Israel yang menutup lokasi tersebut sejak bertahun-tahun silam.

Sementara ribuan waga lainnya dilaporkan terpaksa menunaikan Jum’atan di Bab al-Asbath karena dilarang masuk ke dalam Masjid.

Khatib Al-Aqsa dalam khutbahnya mengajak umat Islam untuk segera berkunjung  ke kiblat pertama umat Islam tersebut. “Rencana busuk Israel akan hancur dengan keteguhan warga Palestina dalam membela tanah air,”tegasnya.

Bab al-Rahmah adalah satu-satunya gerbang timur yang memberikan akses masuk ke Baitul Maqdis. 2003 lalu pihak Israel menutup lokasi tersebut yang saat itu menjadi kantor pusat Komisi Pelestarian Warisan Budaya Islam.

Beberapa waktu terakhir warga Yerusalem menggelar aksi protes menuntut pemerintah pendudukan Israel untuk mengembalikan fungsi Bab al-Rahmah yang telah ditutup selama bertahun-tahun.  Pasukan Pendudukan Israel juga dilaporkan menangkap sejumlah warga Palestina dalam aksi menuntut pembubakaan Baburrahmah.

(T.RS/S:Palinfo)

 

leave a reply