Arab Saudi bantu pemerintah Palestina sebesar 40 juta USD

Arab Saudi kembali membuka pundi-pundi bantuan kemanusiaan tahun 2019 untuk pemerintah Palestina. Duta Besar Saudi di Mesir menyebutkan bahwa Arab Saudi baru saja mencairkan bantuan sebesar 40 juta USD.

BY adminEdited Thu,04 Apr 2019,03:23 PM

Riyadh, SPNA - Media Arab Saudi, SPA, Rabu (03/04/2019), memberitakan bahwa Pemerintah Arab Saudi telah mencairkan dana bantuan sebesar 40 juta USD (567 miliar Rupiah) untuk pemerintah Palestina. Bantuan tersebut merupakan bantuan Kerajaan Saudi untuk bulan Februari dan Maret.

Dalam sebuah pernyataan pers, Usamah bin Ahmad Naqliy, Duta Besar Arab Saudi di Mesir dan Liga Arab, ia mengatakan bahwa bantuan tersebut merupakan bentuk dukungan Saudi untuk Palestina dari semua bagian; politik, ekonomi dan kemanusiaan.

Kerajaan Saudi berkomitmen untuk memberikan bantuan kepada Pemerintah Palestina sebesar 20 juta USD setiap bulannya. Kondisi negara yang terjajah membuat Palestina tidak dapat berdiri sendiri untuk menutupi keperluan negara. Mereka sangat bergantung kepada bantuan negara lain, baik dari tetangga Arab atau negara asing lainnya.

Dalam laporan anggaran Palestina yang dikeluarkan Kementerian Keuangan Palestina pada akhir Desemer tahun lalu,  disebutkan Arab Saudi merupakan donatur terbesar Palestina.  Jumlah bantuan Saudi pada tahun 2018 mencapai 794,3 juta Shekal atau setara dengan 3 triliun rupiah.

Bantuan Arab Saudi tersebut jika dibandingkan dengan keseluruhan bantuan yang diterima oleh pemerintah Palestina hingga akhir November tahun lalu mencapai 44,2%.

(T.HN/S: Qudspress)

leave a reply
Posting terakhir