Eropa Kembali Buka Penerbangan untuk 14 Negara, 3 Diantaranya Negara Arab

Eropa Kembali Buka Penerbangan untuk 14 Negara, Termasuk 3 Negara Arab

BY Edited Wed,01 Jul 2020,10:08 AM

Brussel, SPNA -  Uni Eropa mengumumkan pada hari Selasa (30/06) bahwa mereka akan mengizinkan warga dari 14 negara yang dianggap "aman" untuk memasuki negara-negara Eropa mulai 1 Juli.

Uni Eropa akan mengizinkan warga dari 14 negara untuk memasuki 27 negara Uni Eropa, mulai hari Rabu (01/06/2020). Ini merupakan efek dari kebijakan Uni Eropa yang memutuskan untuk membuka diri terhadap dunia luar.

Daftar "negara aman" tersebut termasuk di dalamnya  3 negara Arab, yaitu Aljazair, Maroko dan Tunisia. Warga negara tersebut dapat bebas  bepergian ke negara-negara Uni Eropa tanpa batasan.

Negara-negara lainnya yaitu Australia, Kanada, Georgia, Jepang, Montenegro, Selandia Baru, Rwanda, Serbia, Korea Selatan, Thailand, dan Uruguay.

Tentunya tidak termasuk negara-negara yang tercatat sebagai zona merah Covid-19, seperti India, Rusia, Brasil dan Amerika Serikat.

Menurut BBC, sempat terjadi silang pendapat antar negara Eropa dalam menentukan negara mana saja yang dianggap aman.

Spanyol dan Jerman menginginkan daftar yang lebih kecil daripada yang sekarang, karena kekhawatiran mereka bahwa virus itu akan menyebar ke negara mereka lagi. Sementara Yunani dan Portugal menuntut daftar yang lebih panjang karena ketergantungan mereka yang besar pada pariwisata.

Di sisi lain, Prancis menuntut agar izin memasuki Eropa tidak diberikan kepada negara yang tidak mengizinkan pesawat Eropa untuk mendarat di negara mereka.

(T.HN/S: Skynewsarabia)

leave a reply
Posting terakhir