Arab Saudi Kembali Buka Penerbangan ke Qatar

Setelah tiga tahun putus hubungan, Arab Saudi kembali membuka jalur penerbangannya dari dan ke Doha. Kebijakan ini mulai berlaku sejak tanggal 11 Januari 2021.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Sun,10 Jan 2021,10:41 AM

Riyadh, SPNA - Perusahaan penerbangan Arab Saudi, Sabtu (09/01/2021), mengumumkan bahwa mereka akan membuka kembali penerbangannya ke Qatar.

Dalam sebuah pernyataan yang diposting di Twitter, otoritas penerbangan Arab Saudi menuliskan bahwa mereka akan mengoperasikan penerbangan ke Doha dari Riyadh dan Jeddah, mulai 11 Januari besok

Perkembangan ini muncul setelah lebih dari tiga tahun ketegangan di kawasan Teluk, sejak 5 Juli 2017.

Ketika itu Arab Saudi, Emirates, Bahrain dan Mesir mengambil kebijakan memutuskan hubungan mereka dengan Qatar dan menghentikan lalu lintas laut, darat dan udara. Qatar oleh ke empat negara tersebut dituduh sebagai negara pendukung terorisme.

Untuk menghentikan konflik lokal negara Arab tersebut, Dewan Kerjasama untuk Negara Arab di Teluk dan Mesir mengadakan sebuah pertemuan di Kota Al-'Ua, Arab Saudi.

Pasca pertemuan tersebut, Arab Saudi dan Qatar akhirnya sepakat untuk menghentikan sengketa dan membuka kembali jalur udara yang menghubungkan kedua negara.

(T.HN/S: Arabic.rt)

 

leave a reply
Posting terakhir