El-Mezan Center for Human Rights: 172 Pelanggaran HAM Terhadap Nelayan Gaza Sejak 2020

Lembaga HAM el-Mezan Center for Human Rights melaporkan bahwa marinir pasukan pendudukan Israel (IDF) melakukan 172 pelanggaran hukum terhadap nelayan Gaza pada paruh pertama tahun 2020.

BY Edited Sat,04 Jul 2020,02:44 PM

Jalur Gaza, SPNA – Lembaga HAM el-Mezan Center for Human Rights melaporkan bahwa marinir pasukan pendudukan Israel (IDF) melakukan 172 pelanggaran hukum terhadap nelayan Gaza pada paruh pertama tahun 2020.

Dilansir situs resmi, el-Mezan menambahkan bahwa  diantara bentuk pelanggaran HAM tersebut adalah pengurangan area pengangkapan ikan.

Selain itu IDF juga menembak mati sebagian nelayan saat mereka sedang menangkap ikan. Sebagian juga diburu dan ditangkap dimana perahu dan seluruh pelaratan mereka disita oleh IDF.

Serangan Israel tersebut membuat jumlah nelayan Gaza berkurang drastis. Tahun 1997 jumlah nelayan mencapai 10.000 orang, namun di tahun 2019 jumlah nelayan yang bekerja di laut hanya 5606 orang.

Ancaman IDF membuat nelayan Gaza kehilangan mata pencarian dan masuk ke dalam daftar kelompok paling miskin di Jalur Gaza.

Laporan tersebut dikeluarkan el-Mezan demi menyuarakan perlindungan terhadap nelayan saat bekerja di laut. Mereka juga menuntut Israel agar mematuhi hukum  internasional terkait Hak Asasi Manusia khususnya untuk nelayan Gaza.

(T.RS/S;Mezan)

leave a reply
Posting terakhir