Media: Israel Kewalahan Tangani Penembakan Balon Pembakar dari Gaza

Penembakan balon pemicu kebakaran dari Gaza membuat militer Israel kewalahan. Media memperkirakan Israel terpaksa menyetujui permintaan Hamas.

BY Edited Sat,22 Aug 2020,09:48 AM

Tel Aviv, SPNA - Media Israel melaporkan bahwa negara Zionis kewalahan menangani penembakan balon pemicu kebakaran dari Gaza. Sampai saat ini Pemerintah dan Keamanan Lokal Israel belum menemukan solusi tepat untuk mengehentikan aksi yang telah menyebabkan kebakaran luas di permukiman ilegal Yahudi.

Surat kabar Makor Rishon melaporkan puluhan kebakaran terjadi di sekitar wilayah permukiman ilegal Yahudi, pada hari Kamis dan Jumat, kemarin.

Melalui media tersebut diketahui bahwa Israel telah mengirimkan pesan kepada Hamas melalui Mesir agar menghentikan aksi pelepasan balon pembakar.

Media mempercayai bahwa agresi militer bukan pilihan tepat untuk mengamankan permukiman ilegal Yahudi. Aksi warga Palestina tersebut hanya dapat dihentikan dengan memenuhi permintaan dari Hamas. Termasuk tuntutan untuk membuka gerbang penyebarangan dan memperluas area penangkapan ikan untuk nelayan Gaza.

Militer Israel, Jumat (21/08), kembali mengirimkan pesawat tempurnya ke Gaza.  Meski tidak menyebabkan kerugian nyawa, sejumlah baguna rumah warga dilaporkan mengalami kerusakan.

Situasi di Gaza dalam sepakan terakhir semakin memanas. Pemuda Gaza terus melepaskan balon pemicu kebakaran, yang berhasil menghanguskan lahan pertanian Yahudi ilegal. Aksi tersebut dilakukan untuk memaksa Israel agar kembali ke perjanjian gencatan senjata dan membuka blokadenya terhadap Gaza.

Di pihak lain, Israel hampir setiap hari mengirimkan pesawat tempur. Menteri Pertahanan Israel, Benny Gant, Rabu (19/08), mengancam akan melakukan serangan besar-besaran dalam 24 jam ke depan jika penembakan balon pembakar masih berlangsung di Gaza.

Mesir sebagai mediator kedua belah pihak telah mengutus delegasinya ke Tepi Barat dan Gaza. Namun belum ada tanda-tanda bahwa situasi genting akan berakhir.

(T.HN/S: Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir