Organisasi Internasional Seru Dunia untuk Selamatkan Gaza

Komite Internasional untuk Melindungi Gaza menyeru lembaga-lembaga amal yang mendukung rakyat Palestina untuk mempercepat penyusunan kampanye bantuan darurat untuk sektor kesehatan dan pangan di Gaza.

BY Edited Wed,02 Sep 2020,12:01 PM

Gaza, SPNA - Komite Internasional untuk Melindungi Gaza menyeru masyarakat dunia untuk memelihara Gaza di tengah agresi Israel yang terus berlanjut, pengepungan dan pandemi COVID-19. Pernyataan ini diungkapkan oleh ketua komite, Essam Yousef.

Yousuf menyeru lembaga-lembaga amal yang mendukung rakyat Palestina untuk "mempercepat penyusunan kampanye bantuan darurat untuk sektor kesehatan di Gaza, serta menyediakan bantuan makanan dan paket untuk keluarga miskin."

Terkait, Proses Perdamaian Timur Tengah PBB,  Nickolay Mladenov, telah menyatakan keprihatinannya tentang eskalasi permusuhan yang akan segera terjadi di Jalur Gaza.

Mladenov mengatakan, "Situasi keamanan di Gaza dan daerah sekitarnya memburuk dengan cepat, pada saat Gaza menyaksikan peningkatan kasus COVID-19 di masyarakatnya."

Di Gaza, Kementerian Kesehatan mengumumkan pada akhir pekan bahwa jumlah kasus infeksi di Jalur Gaza sejak Maret telah meningkat 192, dengan 3 kematian dan 72 kasus sembuh.

Selama dalam tiga pekan terakhir, situasi keamanan di Gaza masih tegang seiring terus diluncurkannya balon pembakar dari wilayah itu, dan militer Israel menanggapinya dengan mengebom beberapa bagian dari wilayah ini.

Para peluncur balon, yang menyalakan api di beberapa wilayah Israel yang berdekatan dengan Jalur Gaza, mengatakan bahwa mereka berusaha memaksa Israel untuk mematuhi gencatan senjata yang memuat tentang pelonggaran pengepungan atas Gaza.

Pemerintah Israel juga memutuskan untuk  memperketat pengepungan dengan mencegah masuknya bahan bakar dan bahan material bangunan ke Gaza, menutup sepenuhnya jalur laut dan mencegah para nelayan melaut.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir