Krisis Tak Menghalangi Rakyat Palestina Meraih Penghargaan di Berbagai Bidang, Inilah Daftar Prestasi Palestina Tahun 2020

Pandemi global disepanjang tahun 2020 telah mempengaruhi seluruh lini kehidupan, terutama ekonomi dan sosial, tak terkecuali Palestina.

BY Edited Sat,16 Jan 2021,03:31 PM

Jalur Gaza, SPNA – Pandemi global disepanjang tahun 2020 telah mempengaruhi seluruh lini kehidupan, terutama ekonomi dan sosial, tak terkecuali Palestina.

Pakar Ekonomi Palestina, Dr. Nasser Abdel Karim, menuturkan bahwa tahun 2020 adalah yang terburuk bagi pertumbuhan ekonomi Palestina akibat tekanan Israel dan pandemi COVID-19.  

Meskipun berbagai krisis melanda Palestina, namun tak mencegah warganya meraih prestasi di berbagai bidang, baik seni, politik, pendidikan, sains atau budaya.

Berikut ini daftar prestasi Palestina tahun 2020 seperti dilansir Pusat Informasi Palestina (Palinfo).

Pendidikan, Sains dan Teknologi

Guru Bahasa Inggris Palestina asal Gaza, Asma Mustafa, memperoleh penghargaan  sebagai “Guru Terbaik Dunia” tahun 2020 dari AKS Education Awards.

Rana Ziadeh terpilih sebagai salah satu dari 60 wanita inspiratif  dari “The International Women’s Foundation” Amerika Serikat setelah menemukan metode pendidikan inspiratif khususnya dalam bidang ilmu Matematika.

Untuk kedua kali, remaja putri Palestina Hudail Jabbarah berasal dari Tepi Barat meraih juara dua dalam Muqabaqah Tahfizul Quran di Malaysia yang diikuti  70 Hafiz dari seluruh dunia.

Sejarawan Palestina dan Profesor Arsitektur Islam, Mohammad Hashem Ghosheh berhasil menyabet penghargaan Raja Faisal Untuk Penelitian Islam dengan tema “Warisan Peninggalan Budaya Islam di Al-Quds”.

Dr. Mahmoud Ibrahim Syateh berasal dari Gaza memperoleh penghargaan di Dubai sebagai peneliti terbaik atas risetnya terkait inovasi dan teknik dalam menyelesaikan krisis air dunia.

Dr. Amani Jamal memperoleh “Nobel Kuwait” dalam bidang Ekonomi dan Sosial tahun 2019 dari Kuwait Foundation for The Advancement of Sciences (KFAS) atas kiprahnya di bidang akademik.  Dr. Amani Jamal adalah Profesor Palestina yang mengajar di Universitas Pricenton, Amerika Serikat dan telah memberikan kontribusi ilmiah di berbagai bidang.

Dr. Ala’ Adnan Affaneh memperoleh gelar doktor kehormatan “Honoris Causa” dalam bidang Filsafat Ilmu Pendidikan di Serbia atas varian 20 riset dalam bidang pendidikan.

Dr. Nermin Borno memperoleh juga  “Honoris Causa” dari Peace Academy, Jerman atas kerja kerasnya dalam menanamkan nilai-nilai perdamaian dan solidaritas sosial.

Dr. Shiren Hegazy memperoleh penghargaan sebagai peneliti terbaik tahun 2020 dari IEEE Systems Journal dari 793 riset di seluruh dunia.

Akademisi Palestina Dr. Andul Rahmi Musa memperoleh penghargaan presantasi terbaik dalam Kongres Matematika Internasional  (ICM)  2020 di Tokyo, Jepang.

Dr. Amal Husein meraih predikat Summa Cumlaude bidang layanan kesehatan dalam sidang doktor Universitas Hamdan bin Muhammad (HBMSU) di Dubai.

Doa Ghusya Wahbah memenangkan penghargaan Khalifa Award for Education tahun 2020  dalam bidang proyek pendidikan.

Remaja Putri Palestina Syam Hussein memperoleh juara nasional di Suriah dalam perlombaan lukisan tangan terbaik.

Seorang guru Palestina Iyad Ahmed Al-Shawqi memperoleh penghargaan sebagai guru inovatif dari Assemblr EDU.

Siswi Palestina memperoleh juara satu di SMU Jensen Gymnasium Sändra, Stockholm.

Yasmin Yusuf menempati rangking satu untuk tingkat SMU di Denmark.

Karim Zamzam menyabet juara di ajang Mekanik di Norwegia, “Oslo Mester Cap’’.

Pusat Pendidikan Palestina di Qatar meraih posisi pertama dalam ajang debat Bahasa  Arab tingkat dasar di Qatar.

Dua siswa Palestina, Ibrahim Abahira dan Youssef Jafar memenangkan tiga juara dalam “Festival Ilmu dan Teknologi Internasional di Tunisia”. Keduanya meraih juara untuk  sejumlah program teknologi dan lingkungan serta energi.

Assem Atiani, Mahasiswa Palestina dari Universitas Birzeit,  berhasil meraih juara satu  dalam Kompetesi Inovasi di Tunisia untuk temuannya terkait sistem pembuatan arang ramah lingkungan.

Arsitektur Palestina Nadia Habash terpilih sebagai salah satu Arsitek  Paling Berpengaruh dari Timur Tengah tahun 2019, versi Majalah “Middle East Architect”.

Asosiasi Profesor Amerika Serikat memberikan penghargaan “Georgina Smith Distinguished”  kepada Dr. Rabab Ibrahim Abdulhadi atas kontribusinya terhadap Hak Asasi Manusia.

Politik

Reema Dodin diangkatk sebagai Wakil Direktur Kantor Urusan Legisltaif Pemerintahan Joe Biden. Hal ini membuatnya menjadi wanita Palestina pertama yang menduduki posisi strategis di Gedung Putih.

Empat Politikus Palestina di Amerika Serikat, berhasil memenangkan pemilu Kongres AS.  Iman Judeh memenangkan kursi Legislatif Colorado, dan  Fadi Qaddoura  anggota Senat Negara Bagian Indiana, Athena Salman meraih kursi  Arizona, dan Rashida Tluaib di Michigan untuk periode ke dua.

Pengusaha Palestina,  Samir Azmi Othman memenangkan kursi Gubernur Laguna di wilayah Santa Catarina di Brasil. Othman.

Sastra

Seniman Palestina, Ibtisam Barakat memperoleh penghargaan Syaikh Zayed 2020 untuk kategori sastra anak-anak melalui bukunya “Al-Fatah Al-Lailakiyah”.

Penyair Palestina Odeh Amarneh memenangkan juara satu dalam Festival Puisi Internasional 2020 yang digelar di kota Messina,  Italia.

Penyair Palestina Darin Tator, berasal dari wilayah Palestina yang diduduki tahun 1948, memperoleh penghargaan dari “The Norwegian Authors Union” atas dukungannya terhadap puisi nasionalisme.

Kedokteran dan Medis

Insinyur Palestina, Ruba Sharaan bersama rekannya di Universitas Damaskus berhasil  menemukan alat untuk membantu penyembuhan Temporomandibular disorders (TMD).

Tim Inovator Palestina yang dipimpin Omar Abu Dayeh berhasil meraih penghargaan global  “Innovator under 35”, atas penelitiannya mengembangkan tes rumahan virus COVID-19.

Ilmuwan Palestina Nawras Rahal bersama beberapa imuwan Jerman berhasil mengembangkan vaksin corona. Rahal adalah warga Palestina yang berimigrasi dan belajar di Jerman. Saat ini dia bekerja di German Max Planck Institute.

Remaja Palestina Du’a Geneina menciptakan topi pintar untuk penyandang disabilitas serta mereka yang terluka saat perang. Topi tersebut dapat dikoneksikan ke smartphone serta  dapat dikontrol dari jarak jauh.

Atif Shoukani menyabet juara  satu “Cvision” untuk kategori penemu asing, setelah berhasil mengembangkan aplikasi yang mampu mendiagnosis Covid-19 dalam waktu singkat.

Kelompok peneliti dan insinyur Palestina berhasil menciptakan kasur isolasi medis, di tengah upaya pemerintah Palestina mencegah virus corona.

Media

Fotografer Mohammed Zarandeh memenangkan penghargaan  Hamdan Bin Mohammed Bin Rashid Al Maktoum International Prize dalam kontes Instagram Oktober 2020 dengan mengusung tema "A Landmark from Your Country".

Organisasi Rory Peck Trust  menganugerahi penghargaan “Martin Adler” Internasional untuk jurnalis dan pembela hak asasi manusia Maha Al-Husseini, atas  kerjas kerasnya dalam meliput berita di zona perang,  Jalur Gaza.

Film “200 meter”  yang di sutradai Ameen Nayfeh, terpilih secara resmi mewakili Kerajaan Yordania di Academy Awards 2021 sesi ke-93, dalam kategori fitur internasional.

Komposer dan musisi Palestina, Nay Barghouti, memenangkan “Concertgebouw Prize” kategori talenta muda tahun 2020, di Belanda.

Mahmoud Al-Hams, jurnalis foto di French Press Agency, menempati urutan kedua dalam ajang “Penghargaan Foto Istanbul” untuk foto yang diambilnya selama agresi di Gaza pada 2019.

Muhammad Saffouri, memenangkan Penghargaan Film Dokumenter Pendek Terbaik di Broad Street Film Fest di Georgia, untuk filmnya “The First”.

Film Gaza Mon Amour – Gaza adalah cintaku yang distradai  oleh dua bersaudara, Arab dan Tarzan  Nasser, terpilih mewakili Palestina di Oscar tahun 2021.

(T.RS/S:Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir