Pasukan Israel Menembak Nelayan dan Pengembala di Jalur Gaza

Tiga nelayan seketika gugur setelah angkatan laut Israel melepaskan tembakan ke kapal mereka. Di hari yang sama, para pengembala ditembaki saat ternak mereka merumput di wilayah timur Khan Younis.

BY Edited Mon,08 Mar 2021,02:14 AM

Gaza, SPNA - Tiga nelayan Palestina tewas dalam ledakan misterius ketika mereka berlayar dari kota Khan Younis di selatan Jalur Gaza, sumber medis dan saksi mata melaporkan.

Koresponden WAFA mengutip sumber yang mengatakan bahwa ledakan misterius terjadi di sebuah kapal penangkap ikan yang menewaskan tiga nelayan sekaligus. Ketiganya diidentifikasi sebagai Yahya Lahham, Hamdi Lahham, dan Zakaria Lahham.

Baik sifat ledakan maupun sumbernya belum diketahui. Pagi-pagi sekali, angkatan laut pendudukan Israel menembaki para nelayan Palestina yang berlayar di lepas pantai Kota Gaza, memaksa mereka untuk kembali ke pantai.

Di hari yang sama, Ahad (07/03/2021), pasukan pendudukan Israel di menara pengawas militer di sepanjang pagar perbatasan Gaza, sebelah timur Khan Younis, melepaskan tembakan ke arah pengembala Palestina yang sedang mengembalakan ternak mereka di daerah tersebut. Tidak ada korban luka dalam insiden ini.

Tentara Pendudukan tidak memperbolehkan warga Palestina berada pada jarak 300 meter dari pagar pembatas yang mengelilingi Jalur Gaza. Secara sepihak, otoritas pendudukan menyatakan daerah ini sebagai zona penyangga, dan sering kali menembaki para petani atau siapapun yang mencapai daerah tersebut.

Pelecehan angkatan laut Israel terhadap nelayan Palestina di lepas pantai Gaza juga terjadi setiap hari. Tindakan ini bertujuan untuk merusak industri perikanan di Gaza, yang menjadi sumber pendapatan penting bagi ribuan keluarga di sana.

(T.RA/S: WAFA)     

leave a reply
Posting terakhir

Israel Lepaskan Tembakan ke Arah Petani dan Pengembala Gaza

Pasukan pendudukan Israel dengan sengaja selalu menembaki para petani dan penggembala di dekat perbatasan timur Jalur Gaza. Hal ini dilakukan untuk mencegah mereka mengambil manfaat atau mengolah tanah dan lahan pertanian mereka yang berada dekat dengan perbatasan.