Setelah 11 Hari Serangan, Israel - Hamas Setujui Gencatan Senjata

Gencatan senjata ini akan mulai berlaku sejak Jumat (21/05/2021) pukul 2:00 waktu Palestina

BY Edited Fri,21 May 2021,04:03 AM
(Sumber Gambar:Anadolu Agency)

Gaza, SPNA - Media Israel dan pejabat Hamas mengkonfirmasi pada Jumat dini hari (21/05/2021) bahwa Israel menyetujui gencatan senjata dengan kelompok perlawanan Palestina di Gaza,.

Sumber Hamas dan Israel menyebutkan bahwa gencatan senjata yang ditengahi Mesir akan mulai berlaku pada Jumat., pukul 2 dini hari waktu Palestina.

"Israel gagal mencapai tujuan agresinya dan melarikan diri dari pertempuran melawan kelom[ok perlawanan Palestina," kata juru bicara Hamas Sami Abu Zuhri kepada Anadolu Agency dalam reaksi resmi pertama terhadap gencatan senjata tersebut.

Selama 11 hari, Israel telah melancarkan serangan di Jalur Gaza yang diblokade.

Sementara itu, sayap militer Hamas, beberapa menit setelah pengumuman gencatan senjata, memperingatkan Israel untuk melakukan serangan apa pun di Gaza sebelum gencatan senjata diberlakukan.

Dalam pesan suara kepada Abu Ubaida, juru bicara sayap militer Hamas, Brigade Ezzeddin al-Qassam, mengatakan bahwa kelompok itu "telah menanggapi mediasi Arab untuk gencatan senjata dengan Israel."

Abu Ubaida memperingatkan Israel bahwa Brigade al-Qassam mempersiapkan "serangan roket besar yang mencakup seluruh Israel, dari ujung utara hingga ujung selatan, dari utara Haifa ke selatan bandara Ramon," dan menambahkan bahwa "serangan itu, bagaimanapun, ditangguhkan untuk mengamati perilaku musuh (Israel) sampai pukul 2 siang hari Jumat.

Hingga 20 Mei 2021, agresi Israel telah menyebabkan gugurnya 230 warga Gaza, 65 di antaranya adalah anak-anak dan 39 wanita. Sementara itu 1.710 lainnya luka-luka.

Ketegangan baru-baru ini yang dimulai di Yerusalem Timur selama bulan suci Ramadhan menyebar ke Gaza sebagai dampakt dari serangan Israel terhadap jemaah di kompleks Masjid Al-Aqsa dan lingkungan Sheikh Jarrah.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir