PBB Tegaskan Kedaulatan Rakyat Palestina atas Sumber Daya Alam Mereka

Sekitar 157 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memberikan suara mendukung resolusi yang menegaskan kedaulatan Palestina atas sumber daya alam mereka.

BY 4adminEdited Tue,23 Nov 2021,09:58 AM

New York, SPNA - Sekitar 157 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Kamis (18/11/2021), memberikan suara mendukung resolusi yang menegaskan kedaulatan Palestina atas sumber daya alam mereka.

Tujuh negara – Kanada, Israel, Kepulauan Marshall, Negara Federasi Mikronesia, Nauru, Palau dan Amerika Serikat – memberikan suara menentang mosi tersebut, sementara 14 lainnya abstain.

Majelis Umum mengadopsi rancangan tentang "Kedaulatan permanen rakyat Palestina di Wilayah Pendudukan Palestina, termasuk Yerusalem Timur dan penduduk Arab di Golan Suriah yang diduduki atas sumber daya alam mereka". Para anggota menuntut "bahwa Israel, sebagai kekuatan pendudukan, harus menghentikan eksploitasi, kerusakan, yang menyebakan kehilangan atau penipisan dan membahayakan sumber daya alam di Wilayah Pendudukan Palestina, termasuk Yerusalem Timur, dan di Golan Suriah yang diduduki."

Menyambut keputusan tersebut, Menteri Luar Negeri Palestina Riyad Al-Maliki mengatakan, "Pemungutan suara yang mendukung resolusi ini menegaskan hak-hak rakyat Palestina dan kedaulatan mereka atas sumber daya alam mereka, termasuk sumber daya tanah, air dan energi."

Al-Maliki meminta Israel untuk "berhenti mengeksploitasi sumber daya alam di wilayah Palestina yang diduduki."

Dia juga meminta masyarakat internasional untuk "memaksa pendudukan untuk menerapkan resolusi internasional dan memastikan kebebasan rakyat Palestina untuk mendapatkan keuntungan dari sumber daya alam mereka."

Pada pertemuan PBB, perwakilan Israel mengatakan bahwa Komite "lebih suka mengkritik negaranya daripada mengambil bagian dalam dialog yang tulus dan bergerak maju dengan agendanya," tulis organisasi internasional tersebut di laman resminya.

Sementara perwakilan Suriah mengatakan bahwa rancangan itu "menunjukkan komitmen terhadap hak-hak rakyat Palestina dan Golan atas sumber daya alam mereka."

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir