Dua Anggota Kongres Amerika Minta Kasus Pembunuhan Shereen Abu Akleh Diusut Tuntas

“Pembunuhan seorang warga negara AS dan jurnalis di zona konflik tidak dapat diterima." Tulis Mitt Romney dan John Osoff dalam gugatannya.

BY 4adminEdited Thu,09 Jun 2022,10:36 AM

Washington, SPNA – Dua senator Amerika Serikat (AS), Mitt Romney (dari Partai Republik) dan John Osoff (Demokrat), mengirim surat kepada Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Anthony Blinken, menyerukan penyelidikan "penuh dan transparan" atas pembunuhan Shereen Abu Akleh. Jurnalis Palestina-Amerika yang terbunuh saat meliput penyerbuan militer Israel ke wilayah Jenin di Tepi Barat bulan lalu.

“Kami sangat terganggu dengan pembunuhan jurnalis Amerika Shireen Abu Aqleh, yang ditembak mati saat meliput di dekat Jenin di Tepi Barat pada 11 Mei 2022.” Tulis dua senator tersebut seperti dikutip dari media lokal Palestina, Alquds.com.

Kedunya meminta Menlu Amerika agar “memastikan penyelidikan penuh dan transparan dan meminta pertanggungjawaban Israel atas kematian Abu Akleh.”

Gugatan keduanya itu tidak lepas dari kewarganegaraan Jurnalis Aljeezera tersebut yang berpaspor Amerika.

“Pembunuhan seorang warga negara AS dan jurnalis di zona konflik tidak dapat diterima." Tambah keduanya.

Perlu dikethaui bahwa Romney merupakan pendukung keras Israel saat maju sebagai calon Presiden Amerika pada pemilihan tahun 2012 melawan Barack Obama. Sedangkan yang merupakan anggota kongres Amerika paling muda itu merupakan seorang Yahudi Amerika.

(T.HN/S: Alquds.com)

leave a reply
Posting terakhir

PBB Serukan Penyelidikan Atas Pembunuhan Shireen Abu Akleh Oleh Israel

Shireen Abu Akleh adalah salah satu jurnalis terkemuka dunia Arab, seorang reporter senior yang digambarkan sebagai “Salah satu jurnalis Arab yang berpengaruh dan terkenal”. Karirnya jurnalisnya termasuk pelaporan peristiwa besar Palestina di antaranya Intifadah Kedua, serta laporan analisis politik Israel. Shireen Abu Akleh mengilhami banyak orang Palestina dan Arab lainnya untuk mengejar karir di bidang jurnalisme.

Al-Azhar Kutuk Pembunuhan Wartawan Shireen Abu Akleh

“Kejahatan terhadap pers dan jurnalis ini dengan kuat menunjukkan kepada dunia tabiat buruk entitas (Israel) brutal ini dan aksi terorisme, serta kejahatan yang dilakukannya, bahkan terhadap seorang jurnalis yang tidak membawa senjata. Kejahatannya hanyalah bahwa dia adalah orang Palestina dan bahwa dia adalah seorang jurnalis yang menyampaikan citra kebenaran, peristiwa, dan menyampaikan suara kaum tertindas di tanah mereka kepada dunia,” kata Al-Azhar.