Save of Children: 4 dari 5 Tahanan Anak Palestina Dipukuli di Penjara Israel

Diperkirakan ada sekitar 500 hingga 1.000 anak yang ditahan di tahanan militer Israel setiap tahun.

BY 4adminEdited Tue,11 Jul 2023,10:37 AM

Tepi Barat, SPNA - Empat dari lima anak Palestina yang saat ini berada dalam penahanan militer Israel dipukuli dan 69 persen digeledah, menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh Save the Children.

Hampir setengah – 42 persen – terluka pada saat penangkapan, termasuk menderita luka tembak dan patah tulang. Beberapa melaporkan kekerasan yang bersifat seksual dan beberapa dipindahkan ke pengadilan atau antara sel kecil di pusat penahanan, kata organisasi hak anak tersebut.

Penelitian baru muncul saat Pelapor Khusus PBB tentang situasi hak asasi manusia di wilayah Palestina yang diduduki sejak 1967 memberikan bukti kepada Dewan Hak Asasi Manusia tentang anak-anak Palestina yang ditahan. Diperkirakan ada sekitar 500 hingga 1.000 anak yang ditahan di tahanan militer Israel setiap tahun.

Jason Lee, direktur Save the Children di wilayah Palestina yang diduduki, mengatakan, "Tidak ada pembenaran untuk memukuli dan menelanjangi anak-anak, memperlakukan mereka seperti binatang atau merampas masa depan mereka. Ini adalah krisis perlindungan anak yang tidak dapat diabaikan lagi. Harus ada akhir dari sistem penahanan militer yang kejam ini.”

Save the Children dan organisasi mitra berkonsultasi dengan 228 mantan tahanan anak dari seluruh Tepi Barat yang diduduki, menemukan bahwa anak-anak tersebut ditahan untuk jangka waktu antara satu dan 18 bulan, kebanyakan anak dipukuli, diborgol dan ditutup matanya selama penangkapan. "Mereka juga diinterogasi di lokasi yang tidak diketahui tanpa kehadiran pengasuh, dan seringkali tidak diberi makan, air dan tidur, atau akses ke penasihat hukum," menurut penelitian tersebut. Dugaan kejahatan utama untuk penahanan ini adalah pelemparan batu, yang dapat membawa hukuman 20 tahun penjara bagi anak-anak Palestina.

Khalil, yang ditahan saat berusia 13 tahun, mengatakan bahwa dia tidak menerima perawatan kesehatan yang penting. " Saya mengalami cedera di kaki, saya digips, dan harus merangkak untuk bisa bergerak. Saya merasa tubuh saya tercabik-cabik. Tidak ada tongkat untuk membantu saya berjalan, saya terus meminta bantuan tentara selama pemindahan, tapi tidak ada yang membantu saya."

Beberapa anak dilaporkan dipaksa untuk secara tidak benar memberatkan orang lain agar dibebaskan.

Sebagai akibat dari pelecehan tersebut, laporan itu memperingatkan, anak-anak semakin tidak dapat sepenuhnya kembali ke kehidupan normal mereka setelah dibebaskan dari penahanan, "dengan jumlah anak yang sering mengalami mimpi buruk meningkat dari 39% menjadi 53% dan mereka yang menderita insomnia atau kesulitan tidur meroket dari 47% menjadi 73%, dibandingkan dengan anak-anak yang disurvei pada tahun 2020."

Lana, ibu dari Mohammed yang ditahan ketika dia berusia 14 tahun berkata, "Setelah anak saya dibebaskan ... dia menolak untuk meninggalkan rumah."

Save the Children menyerukan otoritas pendudukan Israel untuk menghormati semua hak anak dan hukum internasional. "Tidak boleh ada anak yang diadili di pengadilan militer atau pengadilan mana pun yang tidak memiliki hak peradilan yang adil dan standar peradilan anak yang komprehensif," kata kelompok hak asasi itu.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir