Berjalan Kaki 2.200 Mil, Aktivis Irlandia Tingkatkan Kesadaran tentang Penderitaan Warga Palestina

Mick Bowman yang berusia 65 tahun akan menempuh perjalanan sejauh 2.200 mil menuju Palestina untuk meningkatkan kesadaran tentang penderitaan para pengungsi dan pelanggaran hak asasi manusia di Wilayah Pendudukan.

BY 4adminEdited Sun,23 Jul 2023,05:17 PM

Durres, SPNA - Mick Bowman, seorang aktivis Irlandia berusia, berhasil mencapai kota Pelabuhan Durres, Albania setelah menempuh perjalanan dari Calais pada 16 April bulan lalu. Mick yang berusia 65 tahun akan menempuh perjalanan sejauh 2.200 mil menuju Palestina untuk meningkatkan kesadaran tentang penderitaan para pengungsi dan pelanggaran hak asasi manusia di Wilayah Pendudukan.

Mick Bowman melintasi Prancis, Swiss, dan Italia untuk mencapai Albania pada pekan lalu dan akan terus berjalan melalui Yunani, Turkiye, dan Yordania untuk mencapai Tepi Barat, Palestina.

“Sekarang setengah perjalanan saya ke Palestina, saya juga memiliki kesempatan di tiga negara yang saya lewati, untuk berbicara banyak tentang ketidakadilan besar yang dihadapi oleh orang-orang Palestina. Saya berbicara dengan sesama peziarah ketika saya sedang berjalan di sepanjang Via Francigena, dan juga di berbagai acara,” kata Mick.

"Di Bologna, talia Utara beberapa pekan lalu, ada kemarahan atas situasi yang memburuk bagi warga Palestina karena meningkatnya kekerasan oleh pasukan keamanan Israel dan gerombolan bersenjata pemukim ilegal."

Mick juga menyoroti invasi Israel ke Jenin di Tepi Barat yang berlanjut selama kurang lebih 48 jam pada 3-4 Juli, yang mengakibatkan pembunuhan 12 warga Palestina – termasuk 4 anak-anak, melukai 120 orang dan penghancuran hampir 80 persen rumah dan infrastruktur Kamp Pengungsi Jenin.

Dia menambahkan, "Seperti pendukung Palestina lainnya, kejahatan perang Israel di Jenin membuat saya marah. Itu membuat saya lebih bertekad untuk menggunakan jalan kaki untuk meningkatkan kesadaran. Ini membantu saya tetap termotivasi selama gelombang panas yang terkadang membuat berjalan menjadi sangat menantang."

Sekarang tiga bulan perjalanan, tujuannya adalah untuk menarik perhatian atas pendudukan di Palestina dan menginspirasi lebih banyak orang untuk mengkampanyekan perubahan.

“Sudah ada minat yang sangat menggembirakan dari media Albania. Dan, saya berharap untuk membangun ini selama beberapa pekana mendatang untuk meningkatkan perjuangan Palestina dengan sebanyak mungkin orang. Saya akan melakukan semua yang saya bisa untuk membantu menyebarkan gagasan keadilan untuk Palestina,” kata Mick.

Terinspirasi oleh buku, Walking to Jerusalem: Blisters, hope and other facts on ground, oleh Justin Butcher, perjalanannya mengikuti Via Francigena ("jalan melalui Prancis"), rute budaya dan perdagangan tertua di Eropa, serta rute ziarah Kristen kuno.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir