Israel Serang Warga Yang Sedang Mengantri Makanan, Satu Orang Meninggal Dunia

Rekaman video yang mengabadikan kejadian memperlihatkan anak-anak Palestina bergegas mengambil tepung dari tanah setelah salah satu karung terbuka.

BY 4adminEdited Tue,20 Feb 2024,12:16 PM

Gaza, SPNA – Seorang warga Palestina, diberitakan meninggal dunia dan belasan lainnya luka-luka akibat serangan tak beralasanyang dilakukan oleh militer Israel. Kejadian tersebut berlangsung di jalanan pantai Gaza Utara, ketika warga sedang menunggu pembagian bantuan kemanusiaan.

Rekaman yang diverifikasi oleh Al Jazeera menunjukkan warga Palestina pada hari Senin melarikan diri untuk berlindung di sepanjang jalan pantai yang rusak di Gaza utara – yang hampir sepenuhnya terputus dari bantuan di tengah perang yang sedang berlangsung di Israel – ketika suara tembakan keras terdengar.

Video tersebut juga menunjukkan awan asap abu-abu akibat bom asap mengepul dan ribuan warga Palestina berkumpul di wilayah barat Kota Gaza.

Setidaknya satu orang tewas dalam insiden tersebut, menurut para saksi yang membagikan gambar seorang pria tergeletak di tanah dengan luka di kepalanya.

Kantor berita Wafa menyebutkan sedikitnya 10 orang juga terluka dalam serangan itu.

Para korban dan saksi mengatakan kepada Al Jazeera bahwa serangan Israel tidak beralasan.

“Saya terjatuh,” kata seorang pria di rumah sakit tempat dia dilarikan untuk mendapatkan perawatan. “Saya mendengar suara tembakan saat itu dan saya tidak tahu apa yang terjadi.”

Seorang laki-laki lain mengatakan dia hanya pergi ke daerah itu untuk mencari tepung.

“Kami ingin memberi makan anak-anak kami… sama seperti orang lain, jadi kami pergi mencari tepung. Tapi kemudian kami ditembak, peluru ditembakkan dan tank-tank maju ke arah kami,” katanya.

Rekaman itu juga menunjukkan anak-anak Palestina bergegas mengambil tepung dari tanah setelah salah satu karung terbuka.

Serangan tersebut adalah yang kedua dalam beberapa hari terakhir dan terjadi di tengah situasi kemanusiaan yang memburuk dengan cepat di Gaza, dimana PBB telah memperingatkan kondisi seperti kelaparan yang mempengaruhi sekitar 2,3 juta orang.

Meskipun berada dalam situasi yang menyedihkan, Israel – yang mengontrol pintu masuk ke Gaza – menolak mengizinkan lebih banyak bantuan masuk.

Beberapa badan PBB pada hari Senin memperingatkan bahwa kekurangan makanan dan air yang “mengkhawatirkan” serta penyebaran penyakit dapat menyebabkan “ledakan” kematian anak-anak di Gaza.

“Kami telah memperingatkan selama berminggu-minggu bahwa Jalur Gaza berada di ambang krisis nutrisi,” kata Ted Chain, wakil direktur eksekutif aksi kemanusiaan UNICEF.

“Jika konflik tidak berakhir sekarang, gizi anak-anak akan terus menurun, menyebabkan kematian atau masalah kesehatan yang tidak dapat dicegah, yang akan berdampak pada anak-anak Gaza sepanjang hidup mereka dan berpotensi menimbulkan dampak antargenerasi.”

Menurut Kementerian Kesehatan Palestina, setidaknya 29.092 warga Palestina, sebagian besar perempuan dan anak-anak, telah tewas dalam serangan Israel sejak 7 Oktober, ketika Hamas – yang menguasai Gaza – melancarkan serangan mendadak di Israel selatan.

Sekitar 1.139 orang tewas dalam serangan Hamas di Israel.

(T.HN/S: Newarab)

leave a reply
Posting terakhir