25 % Ternak sapi di Jalur Gaza terinfeksi PMK

BY Rara Atto Edited Mon,13 Feb 2017,12:12 PM

25 % Ternak sapi di Jalur Gaza terinfeksi PMK

Jalur Gaza -SPNA- Menurut data Kementrian Pertanian di Jalur Gaza, Ahad (11/02/2017) bahwa saat ini sekitar 25 % dari sapi terinfeksi penyakit mulut dan kuku (PMK), seperti yang dilansir oleh Ramallahnews.

Wakil Deputi Kementrian Pertanian di Jalur Gaza, Hasan Azzam menjelaskan, angka tersebut masih bersifat perkiraan, dan bisa saja fakta di lapangan lebih besar adanya.

Penyakit tersebut, kata Azzam,  pada dasarnya  menyebar cepat atau menular.

Dia menambahkan, bahwa pihaknya selalu mendapat janji dari pemerintah pusat  bahwa ternak-ternak itu akan segera mendapat vaksin dan pengobatan. Namun hingga saat ini belum ada tanda-tanda realisasi yang akan dijalankan.

Kondisi di atas, menurut Azzam, sungguh sangat memprihatinkan dan membutuhkan penanganan serius, sebab terkait dengan mata pencaharian masyarakat di Jalur Gaza.

“Yang bisa dilakukan saat ini, kita berupaya untuk memisahkan ternak yang positif terjangkiti penyakit PKM dari ternak yang masih dalam kondisi sehat,”jelas Azzam.

Bahkan saat ini untuk sementara waktu tidak dibolehkan distribusi ternak dari satu kabupaten ke kabupaten lainnya, disamping tidak adanya izin untuk mendirikan pasar hewan –khususnya sapi- demi mencegah penyebaran penyakit yang lebih luas.

 

SPNA Gaza City

Penerjemah: Ihsan Zainuddin

leave a reply