Pemerintah kota Gent, Belgia cabut aturan larangan hijab bagi pelajar

Gent, SPNA - Pemerintah kota Gent memutuskan untuk mencabut larangan jilbab bagi siswi sekolah menengah.

BY 4adminEdited Tue,03 Jul 2018,10:11 AM

Gent, SPNA - Pemerintah kota Gent memutuskan untuk mencabut larangan jilbab bagi siswi sekolah menengah.

Menurut surat kabar berbahasa Vlaams, Anggota Dewan kota Gent  untuk urusan pendidikan, Elke Decruynaere, mengatakan bahwa pemerintah kota memutuskan untuk mencabut larangan tersebut setelah Pengadilan memutuskan bahwa larangan jilbab bertentangan dengan prinsip kebebasan beragama.

Pengadilan menyatakan bahwa larang hijab tidak dapat diberlakukan secara mutlak dan hanya dapat dilakukan jika mengancam keamanan atau aktivitas belajar.

Pencabutan larangan tersebut diperkirakan akan mulai diberlakukan mulai tahun ajaran baru.

Sebelumnya 11 wali murid melaporkan sekolah di wilayah Felmish kepada pengadilan karena melarang putri mereka mengenakan hijab.

Pengadilan menyatakan bahwa larangan tersebut akan segera dicabut karena bertentangan dengan prinsip kebebasan beragama.

Menurut pengadilan warga negara-negara Eropa harus diberikan hak untuk menjalankan ritual keagamaan mereka sesuai Konvensi Eropa tentang Hak Asasi Manusia.

Sebelumnya Majelis Pendidikan komunitas Flemish telah melarang siswi menggunakan hijab di sekolah sejak 2014 lalu

(T.RS/S:Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir

Austria larang penggunaan hijab bagi siswa SD, namun tidak dengan kippa

Pemerintah Austria telah memperkenalkan rancangan undang-undang untuk melarang hijab bagi anak perempuan di bawah usia 10 tahun di sekolah dasar. Di sisi yang berbeda, kippa (topi berbentuk setengah bola yang biasanya digunakan oleh pria Yahudi) untuk anak laki-laki Yahudi akan tetap diizinkan.