Palestina dipilih memimpin ‘Kelompok 77’ PBB

New York, SPNA - Kelompok negara berkembang di PBB telah memilih negara pengamat ‘Palestina’ sebagai pemimpin berikutnya, ungkap duta besar ....

BY 4adminEdited Thu,26 Jul 2018,12:36 PM

New York, SPNA - Kelompok negara berkembang di PBB telah memilih negara pengamat ‘Palestina’ sebagai pemimpin berikutnya, ungkap duta besar Otoritas Palestina kepada The New York Times Selasa (24/07/2018). Keputusan tersebut dipandang bisa menyebabkan ketegangan baru dengan Israel dan AS.

Duta besar, Riyad Mansour, mengatakan kepada Times bahwa Palestina akan mengambil alih pimpinan blok itu dari Mesir, yang dikenal sebagai Kelompok 77, mulai Januari tahun depan.

Awalnya, kelompok 77 dibentuk pada tahun 1964, dengan keanggotaan blok hampir dua kali lipat menjadi 134 negara. Blok tersebut sering memberikan suara di Majelis Umum dan dikatakan mewakili lebih dari 80 persen populasi dunia.

"Kami akan bernegosiasi mewakili 135 negara," kata Mansour, mencatat bahwa "Negara Palestina akan menjadi negara ke-135.

Pilihan 'Palestina' sebagai pemimpin Kelompok 77 adalah penolakan terhadap Israel dan AS, yang berpendapat bahwa status Palestina di PBB tidak berarti bahwa ada negara Palestina yang merdeka dan bahwa hanya negosiasi langsung antara Israel dan Palestina bisa mencapai hasil seperti itu.

(T.RA/S: World Israel News)

leave a reply
Posting terakhir