Israel dilanda kekeringan parah, dua pulau muncul di danau Tiberias

Yerusalem, SPNA – Kepala Otoritas Air Israel Giora Shacham, Senin (27/08/2018), mengumumkan Israel sedang dilanda kekeringan terparah selama seratus tahun terakhir, .....

BY 4adminEdited Tue,28 Aug 2018,03:07 PM

Yerusalem, SPNA – Kepala Otoritas Air Israel Giora Shacham, Senin (27/08/2018), mengumumkan Israel sedang dilanda kekeringan terparah selama seratus tahun terakhir, khususnya wilayah danau Tiberias di wilayah Utara Israel.

Stasiun TV resmi Israel menukilkan hasil wawancara dengan Shacham, ia mengatakan kemarau panjang telah membuat danau Tiberias kering sehingga dua pulau muncul di tengah danau. Pemerintah akan mengantisipasi kekeringan Danau Tiberias dengan mengalirkan air dari penampungan air Eshkol yang terletak di Galilee, melalui pemasangan pipa air.

Shacham mengisyaratkan apabila kekeringan masih berlanjut, pemerintah akan memberlakukan undang-undang batas penggunaan air bersih di rumah-rumah. “Kita tidak akan membiarkan persediaan air turun di bawah garis merah seperti yang terjadi di Gaza.” Tuturnya.

Pemerintah Israel juga berjanji akan memperluas usaha pendaurulangan air limbah yang dapat digunakan untuk pertanian.

Perlu dicatat, 85% sumber air di wilayah tersebut dikuasai Israel, hanya 15% saja yang dapat dinikmati oleh warga Palestina.

(T.HN/S:Samanews)

leave a reply
Posting terakhir