Pangeran William mengunjungi masjid Christchurch

Memuji warga karena saling mendukung di saat yang memilukan ketika serangan teror pada bulan Maret melanda komunitas Muslim di Selandia Baru

BY 4adminEdited Fri,26 Apr 2019,01:56 PM

Anadolu Agency - Christchurch

Christchurch, SPNA - Pangeran William pada hari Jumat (26/04/2019) mengunjungi masjid Al Noor di Christchurch, Selandia Baru, di mana 50 Muslim terbunuh oleh teroris pada bulan lalu.

Dia tiba di negara itu pada hari Kamis untuk memberikan penghormatan pada Hari Anzac - hari peringatan di Australia dan Selandia Baru - untuk memperingati mereka yang meninggal dalam semua perang, konflik, dan operasi pemeliharaan perdamaian.

Duke of Cambridge berbicara tentang kesedihan dan mengalahkan kebencian dengan cinta, ketika ia bertemu dengan beberapa orang yang selamat dari serangan teror, menurut sebuah laporan oleh BBC.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern dan Imam Gamal Fouda menemani sang pangeran selama kunjungan di masjid, pada hari kedua kunjungannya ke Selandia Baru. Dia menyerukan untuk mengalahkan semua bentuk ekstremisme dan memuji pendekatan welas asih oleh komunitas, negara dan perdana menteri setelah penembakan.

Mengacu pada pria bersenjata di balik penembakan itu, Pangeran William mengatakan bahwa dia datang ke Selandia Baru untuk "membantu Anda menunjukkan kepada dunia bahwa pria itu gagal."

"Pada 15 Maret, tragedi terjadi di ruangan ini. Seorang teroris berusaha menabur perpecahan dan kebencian di tempat yang mewakili kebersamaan dan tidak mementingkan diri sendiri," katanya.

Mengisahkan pengalamannya sendiri pada hari pemboman itu, sang pangeran mengatakan bahwa ketika menyaksikan berita di London pada pagi hari 15 Maret, dia tidak bisa mempercayainya.

“Kebencian yang tak terkatakan telah berkembang di Selandia Baru, sebuah negara yang damai. Dan itu telah terbuka di Christchurch - sebuah kota - yang telah mengalami jauh lebih banyak, daripada kesulitannya. Ketika dikonfirmasikan bahwa 50 Muslim Selandia Baru telah terbunuh, sementara beribadah, saya tidak bisa percaya dengan berita itu,” katanya.

Dia menggambarkan orang-orang Selandia Baru memandang dunia dengan optimisme. “Anda memiliki kekuatan karakter yang terkenal, Anda memiliki minat yang hangat, tentang budaya, agama, dan orang-orang yang jaraknya ribuan mil dari Anda. Anda mengakui, berdebat dan bergulat dengan sejarah budaya Anda sendiri, dengan cara yang tidak memiliki paralel lain di negara lain,” tambahnya.

Mengingatkan saat ia kehilangan ibunya sendiri, Putri Diana, sang pangeran disebut harus berurusan dengan kesedihannya sendiri. “Apa yang saya sadari adalah bahwa tentu saja, kesedihan dapat mengubah pandangan Anda, Anda tidak pernah melupakan keterkejutan, kesedihan dan rasa sakit. Tapi saya tidak percaya bahwa kesedihan mengubah siapa Anda,” katanya. Memuji warga karena berdiri bersama di saat-saat yang menyakitkan, ia menambahkan bahwa kesedihan dapat mengungkapkan kedalaman dan meledakkan gelembung rasa puas diri dan membantu untuk hidup sesuai dengan nilai-nilai.

Sebelumnya, sang pangeran bertemu dengan Alen Alsati yang berusia 4 tahun - yang terluka dalam serangan itu dan terbangun dari koma awal pekan ini - di Rumah Sakit Anak Starship, menurut laporan itu.

William bepergian ke Selandia Baru atas nama Ratu, yang dianggap sebagai kepala negara di negara itu.

Setidaknya 50 jamaah Muslim dibantai, banyak dan banyak lainnya yang terluka, dalam serangan teror supremasi kulit putih oleh seorang pria kelahiran Australia di dua masjid di Christchurch pada 15 Maret.

(T.RA/S: Anadolu Agency)

leave a reply
Posting terakhir

Pelaku penembakan di Christchurch pernah mengunjungi Israel

Berdasarkan keterangan stasiun TV Israel tersebut dari pejabat pemerintah, Senin (17/03/2019), teroris bernama Brenton Harrison Tarrant, 28 tahun pernah mendapatkan visa masuk Israel selama 3 bulan 2016 lalu namun dia menetap disana hanya 9 hari. Namun belum ada keterangan terkait kegiatan Brenton di Israel.