Kalahkan Senegal di Final, Aljazair raih trofi Piala Afrika yang kedua

Kemenangan satu nol atas Senegal akhiri penantian panjang Aljazair untuk meraih trofi sepak bola paling bergengsi di Benua Afrika. Kemenangan tersebut turut mengundang kebahagiaan tersendiri bagi Palestina. Pasalnya Aljazair merupakan negara pertama yang mengakui kemerdekaan Palestina.

BY adminEdited Sat,20 Jul 2019,02:06 PM

Kairo, SPNA - Aljazair akhirnya berhasil mengangkat kembali trofi Piala Afrika untuk kedua kalinya setelah mengalahkan Senegal di partai puncak dengan skor satu nol. Kemenangan tersebut mengakhir penantian panjang Aljazair yang terakhir kali merasakan tahta tertinggi sepak bola Afrika tersebut pada tahun 1990. 

Bermain di Cairo Int'l Stadium, Mesir,  Aljazair berhasil unggul sedari awal lewat tembakan Baghdad Bounedjah di menit kedua.

Bola tendangan keras dari luar kotak penalti tersebut berubah arah setelah mengenai salah satu bek Senegal. Bola kemudian melambung tinggi dan turun tepat ke pojok kanan gawang.

Meski permainan berlangsung sengit, namun skor satu nol berhasil bertahan sampai peluit akhir berbunyi.

Senegal yang diperkuat bintang Liverpool sekaligus top score liga Inggris 2018-2019, Sadio Mane,  gagal mewujudkan mimpi membawa trofi piala Afrika untuk pertama kalinya.

Sebelumnya Senegal juga pernah gagal di partai puncak saat berhadapan dengan Kamerun edisi Piala Afrika tahun 2002.

Kemenangan anak asuh pelatih Djamel Belmadi tersebut turut mengundang kebahagiaan bagi warga Palestina. Presiden Palestina, Mahmud Abbas bahkan mengadakan nonton bareng bersama jajaran pejabat negara.

Dukungan Palestina tersebut merupakan balan jasa Palestina untuk negara tersebut yang telah banyak mendukung hak-hak warga Palestina dalam berbagai kesempatan. Sebuah video yang viral di media sosial memperliahat pemain Aljazair meneriakkan slogan dukungan untuk Palestina.

Aljazair merupakan negara pertama yang mengakui kemerdekaan Palestina. Negara tersebut juga terus memberikan beasiswa untuk ribuan anak-anak Palestina, sampai hari ini.

(T.HN/S: Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir